nhk

Rossi Akan Diadu Cepat Sama Motobot, Robot Bikinan Yamaha, Pakai Yamaha R1

 

ManiakMotor – Pabrikan Yamaha Jepang lagi mempersiapkan robot yang bisa ngebut dengan motor. Proyek ini sudah berjalan 60% lebih dan telah dijajal di depan media dua kali. Namanya, Motobot dan ditargetkan akan diadu cepat (bukan balap) sama pembalap Yamaha Valentino Rossi tahun depan.

Boleh jadi, Motobot dirancang dan dipersiapkan sebagai pertunjukkan perpisahan Rossi sama Yamaha yang tahun depan habis kontraknya. Ternyata, kerja sama Rossi berlanjut 2018, laga Rossi vs Motobot untuk memperingati hubungan mesra keduanya yang sudah berjalan 12 tahun hinggga tahun depan (2004-2010, 2013 – sekarang).

Tidak dijelaskan, kapan mulai dikerjakan proyek ini. Pastinya, lebih dari lima tahun. Kita ambil contoh, otonomus. Mobil tanpa pengemudi yang ditargetkan para pabrikan mobil di dunia berada di jalan pada 2020. Nah, seperti Lexus, Nissan, Toyota dan Honda sudah bekerja sejak 2010.

Begitu pun dengan Motobot. Barangkali, proyek dimulai saat Rossi gabung sama Yamaha 2004 dengan prestasi 3 kali menyandang juara dunia (500 cc 2001, dan motogp 2002-2003, semuanya sama Honda). Di tahun pertama langsung menyumbangkan hadiah tertinggi mahkota juara.

Menariknya, sosok robot itu mirip manusia yang lagi membungkuk. Lengkap dengan kedua tangan memegang grip setang, plus kedua kaki yang satu di pedal dan dan tuas kopling. Semuanya berfungsi seperti manusia. Tangan kanan bisa memutar grip gas, sedang tangan kiri menarik tuas kopling. Begitu juga kaki.

Akan lebih menarik jika badan Motobot tidak terus membungkuk. Kasihan pegel, he..he. Jadi, ketika motor berhenti, badan langsung tegak. Mungkin saja, kelak saat lomba kondisinya sudah lain.

Bagaimana ketika mengendarai motor. Motobot menunggang Yamaha R1 yang dilengkapi roda ketiga dan keempat yang terdapat disisi kiri dan kanan. Fungsinya, menjaga motor tidak jatuh ketika menikung. Namun, saat dijajal di trek tes Yamaha, Mei Tahun ini, Motobot dapat melaju dan menikung dengan baik. Itu tes kedua, sedang uji coba sebelumnya pada 2013 di seputaran pabrik Yamaha dengan hanya melesat lurus, kemudian melewati jalan bergelombang.

Rossi yang hadir di trek saat tes kedua setengah tidak percaya. “Ketika saya melihat video tidak percaya itu. Aku masih tidak percaya, sebuah robot mengendarai R1. Apa itu? sebut Rossi sambil membuka kaca matanya.

Seorang insinyur menjelaskan kepada Rossi perkembangan robot ini. R1 ini tidak dimodifikasi. “Tujuan dari proyek ini, punya Motobot mengendari motor tanpa melakukan perubahan pada kendaraan,” jelas sang insinyur. Kami, lanjutnya sedang bekerja keras membuat Motobot mampu melesat 320 km/jam pada trek balap di 2017.

Rossi hampir tidak percaya lagi tapi tersenyum kala Motobot bersuara. “Ini diciptakan untuk mengungguli Anda. Saya meningkatkan kemampuan setiap hari, tapi saya tidak yakin dapat mengalahkan you lima tahun. Jika saya mempelajari segala sesuatu tentang Anda, saya akan dapat mengejar…Aku diciptakan untuk mengungguli Anda,” ujar Motobot dengan suata bernada tinggi dari seorang anak.

Jelas, VR pun tersenyum dan langsung menandatangi di helm robot “Forsa Motobot”. Rossi kemudian mengenakan baju balap dan berkata kepada robot,”Aku akan mengitari trek beberapa lap untuk diambil data. Ok.” Maliq

BACA JUGA

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Rossi Kibarkan Bendera Putih Terhadap Marquez, Fokusnya Lorenzo

MotoGP Sachsenring 2016 : Rossi Membandel, Podium pun Hilang

MotoGP 2016 : Galang Hendra Udah Tak Sabar Dipoles Valentino Rossi

MotoGP Assen 2016 Jelang: Rossi Masih Seperti Remaja Menjinakan Mesin M1

 

BAGIKAN