nhk

Rossi Guru Balap, Tepat Untuk Talenta Italia, Lahirkan Juara Moto2 2018

ManiakMotor – Valentino Rossi dibilang memang sudah seharusnya mendirikan VR46 Riders Academy. Dia disebut paling tepat menjadi guru talenta-talenta Italia di balap motor. Dua tahun belakangan murid Rossi yang menjadi juara dunia Moto2. Tahun lalu Franco Morbidelli dan tahun ini lebih istimewa lewat Francesco Bagnaia dengan tim Rossi sendiri Sky VR46 Racing Team.

Sebenarnya di Moto3 hampir saja walau bukan lewat tim Sky VR46 Racing Team, tapi tim  Redox PruestelGP dari Marco Bezzecchi. Bezzecchi adalah murid Rossi juga, “VR46 Riders memang didirkan untuk anak muda Italia,” papar Rossi pertama kali mendirikan sekolahnya tersebut pada 2013.

Saat ini di VR46 Riders Academy ada 11 pembalap menyebar pada semua kategori balap motor berlabel Kejuaraan Dunia. “Yang saya lihat Valentino bukan saja guru di sekolah balapnya, tapi juga menemani mereka sampai ke lomba. Bahkan ada Yamaha VR46 Champ yang sudah melebar ke Asia dengan kerjasama dengan Yamaha,” kata Carlo Casabianca yang jadi pelatih Rossi untuk fisik.

Menurut Casabianca yang berlatih di VR46 Riders Academy tanpa dipungut biaya. Ya gratis, lantaran banyak talenta yang bagus di Italia, rontok karena dana. Kecuali talenta ini mulai menang, dapat tim sampai kontrak, baru mereka menyisikan 10% untuk VR46 Riders Academy, untuk kelangsungan perguruan tersebut.

Selebihnya seperti ilmu membalap dan tempat sudah dimodali awal oleh Valentino Rossi. Singkatnya, bahkan Rossi menjadi penyalur bakat sekalian mencarikan tim dan sponsor buat yang berbakat khusus. Maka, Rossi lah yang paling mumpuni untuk pengembangan balap motor Italia yang sampai ke Indonesia. MM

BAGIKAN