nhk

Rossi Tanam Budi Pada Iannone

 

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah gatot (gagal total) jadi pembalap Italia yang membawa motor Italia, Ducati, ke jenjang juara. Tapi, keinginannya melihat Ducati sukses di tangan rider Italia tak surut. Itu kepedulian The Doctor pada perkembangan balap motor Italia.

 

Kepedulian lain diperlihatkannya dengan mencermati dan menyemangati para pembalap muda Italia yang bertarung di Moto3 dan Moto2. Di antara joki muda negerinya, Andrea Iannone menjadi salah  satu yang sejak lama menarik perhatian Rossi. Itu tak cuma karena talentanya, tapi juga badungnya Iannone yang mirip Rossi kala masih ABG.

Iannone bernyali besar, nekat, berkarakter fighter, dan kerap bermanuver tak terduga. Itu membuatnya dijuluki Crazy Joe, Joe The Firefighter dan The Maniac Joe. Ya, sama dengan sampeyan akan jadi maniak MotoGP kalau terus baca maniakmotor.com. Trus, lama-lama jadi maniak segala pengetahuan motor. Untuk jadi maniak balapan, harus mengenal dulu apa itu motor dengan persoalan teknisnya. Kalau sudah kenal dasar motor, semoga dengan mudah mengetahui teknis balapan dan teknis jokinya. Sebaliknya, bagaimana jadi maniak balapan, soal jenis baut dan mur motor saja nggak hapal. Becanda bro… 

Saat masih berjibaku di kelas 125 cc, Iannone salah satu favorit juara meski pada akhirnya gagal jadi juara dunia. Namun namanya terkenal berkat insiden di Sirkuit Misano 2009. Ia tarik-tarikan dengan Pol Espargaro dengan rapat dan sangat ketat. Sebuah senggolan kemudian membuat kedua rider muda itu jatuh dan menggelinding bareng ke gravel. Keduanya langsung berdiri,ngotot saling menyalahkan, dan tiba-tiba Iannone menanduk lawannya dengan keras. Tabiat buruk itu dikecam banyak media. Ia minta maaf pada Espargaro, tapi karakternya di lintasan tak berubah. Tetap maniak tarik-tarikan.

Naik ke Moto2, Iannone finish tiga besar musim 2010 dan 2011. Honda Gresini dan Ducati pun meliriknya dengan tes ke MotoGP. Tapi, ia memilih bertahan di Moto2 dengan harapan juara dunia musim 2012. Sayangnya, ambisi sulit terwujud karena saat ini berada di peringkat 4 dan poinnya kalah jauh dari Marc Marquez.

Meski tak pernah menyandang gelar juara dunia di 125 dan Moto2, Ducati masih saja demen sama Iannone. Kira-kira Ducati belajar dari karir Casey Stoner yang di kelas bawah tanpa juara, tapi bisa menggebrak di kelas para raja. Kemarin, Pramac Ducati mengangkatnya jadi joki musim 2013 di MotoGP. Meski tim satelit, kelahiran Vasto (Italia) pada 9 Agustus 1989 itu  bakal menggeber Desmosedici yang speknya sama dengan pacuan tim pabrikan Ducati.

Dan, ternyata Iannone ke Ducati tak lepas dari peran Rossi. Rossi turut merekomendasikannya ke Ducati dan secara aktif mendorong Iannone mengambil kesempatan yang ditawarkan Ducati.  “Ya, Valentino banyak memberi nasehat dan menyarankan ambil kesempatan di Ducati,” aku Iannone.

Baguslah… tanam budi. Andro

BERITA TERKAIT:

Pramac Ducati Tampung Spies & Iannone

Andrea Iannone Gantikan Rossi di Ducati?

Moto2 Mugello, Iannone Selamatkan Wajah Italia

Moto2 Catalunya. Senjata Baru, Bikin Iannone Pede

Line-Up Joki MotoGP 2013, Tinggal Tunggu Bautista

GP San Marino: Tantangan Otak Kanan Pedrosa


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353