RPM 14.000 Bikin Galau Pasukan GDT di Tim SPRT, Motoprix Seri 1 Jawa 2024! Urusan ‘Kirian’ Motor Kopling

    Maniakmotor.com – Kiriannya motor kopling,  maksudnya ya rasio dan girnya. Sekuat atau selemah apapun tenaga motor, penyalurnya ya balik ke gir dan rasio tadi.

    Di lintasan, MX-King pasukan GDT Racing mau laju terus kalau dikasih gir berat 13-47. Putaran mesinnya belum keluar, tapi sudah bertemu tikungan dan harus ngerem duluan.

    Sebaliknya dikasih ringan dengan 13-49, maka motor cuma kuat bawahnya. Atasnya siem, teriak doang tanpa menambah kecepatan. Itu ditambah dengan batasan 14.000 RPM, regulasi baru saat ini.

    Seperti itu penjelasan Rundheng dari GDT Racing, perwakilan Widya Krida Laksana alias Mas Gendut yang infonya tengah fokus mempersiapkan balap sport MRS pekan depan.

    “Saat ini kami juga sudah coba atur dari mesin yang jadi sumber tenaga. Per klep Ex dibuat lebih lembek 0,2nm. Karena kalau keras lagi, makin siem deh tuh,” ujar Rundheng sembari menempatkan gir rasio Moto1 di atas meja.

    Saat ini doi pusing di tenga kegalauan. Pilihannya ada dua. Pakai berat maka ganti rasio dari gigi 1-4. Atau pakai ringan maka ganti rasio gigi 3-4 aje.

    “Masalahnya rasio itu saya enggak lengkap saat ini. Tapi dengan seadanya aja, saya pikir paling mudah diubah dari mappingan,” tuturnya tetap senyum walau lagi galau tuh.

    “Seenggaknya kalau begitu, saya bisa pakai final gir 13-49. Jadinya gigi 5 aja dipaksa pakai. Walau agak gambling. Semoga saja joki saya bisa mencocokkan diri,” jelas Rundheng.

    Artinya, gigi 5 tadi bakal dipakai untuk trek lurus utama sebelum masuk tikungan. Untuk power atas, mungkin sikit gambling, tapi beda cerita power bawahnya.

    “Untuk saat ini pakai gir 49, di gigi 2-nya sudah anteng. Motor gak gampang ngeslide. Makanya saya kepengen aja pakai gir segitu. Semoga di sesi Free Practice besok mulai kelihatan hasil baiknya,” pungkasnya.

    Wah, ternyata memang ubahan regulasi IMI gak boleh disepelekan bestie. Hampir Mimin kira gak ada yang bermasalah. Ternyata perjuangan juga tuh.

    Gass deh! RAIDER