nhk

Safety Riding Ala FOI Langsung Di Sirkuit Subang

ManiakMotor – Ini kali kedua FOI (Fino Owner Indonesia) mengaspal di sirkuit resmi balap motor. Yang kedua pada  1 Februari 2015 FOI Bandung mengajak anggotanya dan para pengguna Fino untuk cornering sembari Fun Race di Sirkuit Gery Mang, Subang, Jawa Barat.

Pesertanya datang dari berbagai daerah macam FOI Chapter Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon dan Purwokerto, “Kami anak motor yang benar-benar mementingkan safety riding. Bukan cornering liar di jalanan yang berbahaya buat diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Di sirkuit resmi lebih aman,” tegas Ridho PJS, wakil  Patih Nusantara dari FOI.

Balapan seperti ini memang untuk meningkatkan skill berkendara harian. Juga bermanfaat buat turing. Bukan berarti ugal-ugalan di jalan. Track day seperti ini, dianggap FOI sebagai pembelajaran. “Semua orang mungkin bisa naik motor, tapi apakah mampu mengendalikannya di saat genting,” ujar Achobule selaku Dewan Syuro FOI.

Ada tiga elemen penting yang harus dimiliki, yaitu SEE (Search, Evalute, Execute). Track day merupakan latihan untuk megasah ketiga elemen tadi, karena di sirkuit unsur safetynya lebih baik ketimbang di jalan raya. Search adalah mengamati dan mencari potensi bahaya di sekeliling secara terus-menerus selama berkendara. Mengamati area depan, samping dan belakang melalui spion.

Evaluate adalah mengantisipasi dan membayangkan kemungkinan yang dapat terjadi secara terus menerus. Ini berguna setiap langkah yang diambil ketika berkendara sudah dibayangkan dan ‘dihitung’ efeknya.

Sedang Execute alias eksekusi adalah gabungan dari mengatur kecepatan, mengatur posisi, memberi sinyal pada pengendara lain pergerakan motor. Ketiganya dipelajari termasuk saat hujan menyiram sirkuit Gerry Mang pada Minggu itu. MM

BACA JUGA

UNITED LIVE JAKARTA 2015: Ban Corsa Sepeda Motor Bersama Fans Setan Merah

BBMC Dirt Bike Race 2014, Pendukung Parawisata Bali

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353