nhk

Safety Riding Dan Safety Gear Untuk Anak, Dari Yamaha

 

ManiakMotor  Penjualan motor semakin tinggi. Motor mudah ditemukan di mana-mana. Ya, mungkin saja dulu semak belukar tempat ular, sekarang sampeyan bisa ketemu motor di situ. Makanya anak-anak dilarang ke sana. Itu dulu atau sama dengan naik motor harus lulus SD. Tapi sekarang, anak SD saja sudah pada kebut-kebutan di jalanan tanpa pengamanan yang memadai. Motor orang tua pun diam-diam dibawa kabur.

Dari pada begitu, sekalian saja sejak dini diperkenalkan cara mengendarai motor yang aman (safety riding) dan perlekapan yang aman (safety gear). Itu yang dilakukan Yamaha untuk mendorong usia dini belajar memahami cara-cara naik motor. Terutama usia anak Sekolah Dasar (SD). Minimal mereka tahu cara kerja motor. Misalnya cara memutar gas, menarik tuas rem, belok, dan keseimbangan dengan motor. Maka itu disediakan cone sebagai simulasi yang sesuai dengan kondisi jalan raya.

Acara ini bertempat di Taman Lalu Lintas Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jawa Barat, Minggu 24 Februari 2013. Tidak hanya teori, disediakan Yamaha PW 50 cc dan TTR 50 cc. Berikut perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, pelindung sikut dan lutut. Satu lagi, wajib memakai sepatu.

“Pabrikan Yamaha punya tanggung jawab, karena anak-anak calon pengguna motor nantinya. Dan mereka sudah dapat pengalaman cara berkendara dan atribut wajib saat naik motor. Di lalu lintas, safety nomor satu,” kata Saeful Anwar, Supervisor Safety Riding Yamaha Indonesia.

Setuju pak. Selain berbeda dengan sepeda tanpa mesin, anak-anak ini bisa mengingatkan kepada bapak dan ibu soal safety riding yang telah diajarkan oleh bapak tadi. Sekadar informasi, Yamaha PW itu juga dipakai anak-anak untuk balapan. Ada kejuaraannya. Balapan itu tidak berbahaya, asal dilakukan dengan baik seperti anak-anak di kejurnas motocross yang juga pakai motor 50 cc.

Program ini dimotori Yamaha Riding Academy (YRA). Tapi karena yang dituju anak-anak, maka namanya Yamaha Safety Riding Science Kids (YSRS). Diikuti 100 peserta, masing-masing dari SD Islam Al Ma’ruf Cibubur, SDN Cibubur 05 Pagi dan SDN Mekar Sari 5 Cibubur. Dan selanjutnya, YSRS Kids ini akan menjadi agenda wajib di setiap event Yamaha. Tentu disesuaikan dengan kondisi lokasi acara. Adib

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353