Saking Serunya Francesco Bagnaia VS Marc Marquez, Sampai Lupa Kalau 5 Besar Ducati Kabeh!

Maniakmotor.com – Ducati kabeh, dua kata yang seenggaknya gambarin balap putaran ke-4 di Jerez hari ini (Minggu, 28 April 2024), bro. Ya abis gimana yak, posisi 5 besar diborong semua sama Ducati. Dari mulai senggol-senggol sengit antara Pecco Bagnaia dengan Marc Marquez di posisi terdepan, disusul oleh Marco Bezzechi di belakangnya. Pada akhirnya, ketiga dari mereka lah yang podium.

Bisa dibilang, Bagnaia untung di balap kali ini, atas jatohnya Jorge Martin di tikungan ke-6 yang pada mulanya memimpin di depan. Sebuah kemenangan “manis” oleh sang juara dunia 2x, karena sang rivalnya itu bisa tersingkirkan. Sementara itu, sang bintang Gresini, Marquez, lampaui Bezzechi di 12 lap tersisa.

Usaha Marquez untuk membalap Bagnaia memang kandas. Meski begitu, doi tercatat 2x melewati Bagnaia di tikungan ke-9. Kemudian, sang juara dunia 8x tersebut akhirnya terlihat mengendurkan gas karena sudah “pesimis” merebut posisi Bagnaia di kandangnya sendiri.

Yap, kita bisa melihat momen ketika Marquez mulai “nyerah” kasih jarak terhadap rivalnya itu, ban desmosedicinya memang sudah terlihat goyang. Bak meraung sudah habis  pula itu bro, minta diganti!. Tapi, ya ga apes-apes banget, mengingat ini merupakan podium pertama dari Marquez untuk gresini di MotoGP musim ini.

Sang rookie KTM yang di putaran sebelumnya podium, Pedro Acosta, sayang sekali mengalami kecelakaan besar saat pemanasan dan tertinggal di urutan ke-17 pada awal grand prix. Akan tetapi, bocah ajaib tersebut berhasil gaet posisi ke-10 di akhir kesempatannya.

Sementara itu, bintang Yamaha, Fabio Quartararo, memang berada di posisi cari aman seperti biasanya karena keterbatasan dari M1 yang doi kendarai itu sendiri. Dirinya naik dari posisi ke-23 ke posisi ke-3 pada hari Sabtu (sprint rance), hanya untuk dicopot dari podium karena penalti tekanan ban pasca-balapan. Kemudian, doi hanya berhasil menempati posisi ke-15 hari ini, dengan rekan setimnya Alex Rins menjadi M1 teratas di urutan ke-13.

Pemenang MotoGP COTA kemarin, Maverick Vinales tak seberuntung sebelumnya di Jerez kini. Sementara rekan setimnya di Aprilia, Aleix Espargaro, gagal memberikan umpan kepada Johann Zarco, sehingga keduanya crash.

Pun, serupa dengan Jack Miller yang disingkirkan oleh Franco Morbidelli saat keduanya rebutan posisi ke-11 dengan 8 lap tersisa. Insiden tersebut berpotensi akan dikenakan pinalti, meski begitu masih dalam tahap pengamatan lebih lanjut.

Yap, simak hasil MotoGP Spanyol di Jerez 2024 sebagai berikut:

-XiuXiu-