nhk

Sangat Ingin Indonesia, Dorna Terpaksa Pilih Thailand Gelar MotoGP 2016

 

ManiakMotor – Sejak zaman baheula Indonesia tercinta ini sudah jadi pasar terbesar sepeda motor. Pabrikan dan promotor MotoGP ngebet main di Indonesia lagi setelah terhenti pada 1997. Kapankah sirkut nasional siap menyambutnya?

Pertanyaan itu kembali terusik untuk kesekian kalinya setelah Javier Alonso ke  Thailand dalam perjalanannya dari GP Australia ke GP Malaysia. Managing Director Dorna Sports (promoter MotoGP dan WSBK) itu meninjau sirkuit baru milik negeri Gajah Putih itu. Namanya Sirkuit Internasional Buriram yang jaraknya sekitar 400 km dari Bangkok.

Alonso bikin peninjauan dan sepertinya itu sirkuit itu bakal menggelar seri WSBK tahun depan. Jika segala sesuatunya oke maka tahun berikutnya MotoGP. Dan, dengarkanlah pengakuan Alonso yang mengharukan ini. “Sebenarnya kami sangat inginkan menggelar MotoGP di Indonesia sebagai pasar terpenting di wilayah ini. Honda, Yamaha, dan Suzuki mendesak kami menggelar balapan di sana tapi Sirkuit Sentul perlu renovasi total untuk memenuhi syarat,” kata Alonso.

“Indonesia adalah negara yang kami dan semua tim inginkan. Kami sangat senang jika ada peluang kembali ke sana,” tandasnya. Mengharukan brosist, karena sirkus dunia itu ingin ke sini tapi para petinggi yang berkepentingan janji doang soal sirkuit itulah, sirkuit inilah, wacana semua.

Sirkuit Sentul yang dibanggakan hanya menjadi persinggahan dan ajang promosi pembalap dunia seperti di waktu lalu digunakan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dengan Yamaha, dan hari ini (Selasa, 21 Oktober) dimanfaatkan duet Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Sudah sehari pemerintahan baru di bawah komando Presiden Joko Widodo. Akankah hari-hari berikutnya peluang menggelar MotoGP di Indonesia bisa dibukakan pemerintah lewat para aparat dan birokratnya? Marilah berharap dan berdoa selaku MotoGPmania! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Sepang, Malaysia (Jelang): Yamaha Saling Gempur di Semua Kelas

MotoGP 2014 Jelang Sepang, Malaysia: Pedrosa/Marquez Di Jakarta, Kasih Saran Buat Joki Indonesia

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Jelang): Nggak Ada Rotan Akar Pun Jadi Lanjutan Rossi Vs Lorenzo

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Jelang): Crutchlow Nyesal Tinggalkan Ducati?

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Jelang): Klasemen Kedua Ramai Oleh Rossi, Cerdik Manajemen Ban

BAGIKAN