nhk

Satria FU Susah Netral, Obatnya Ganti Oli, Lancar Jaya..!

Servis FU

ManiakMotor – Keluhan para pengendara Satria FU ini biasanya dialami saat motor sempat jalan dan berhenti kembali. Nah, saat persneling akan susah netral  dan akibatnya jari-jiri kiri dipaksa terus memeras tuas kopling.

Bisa sih netral, tapi motor harus dimaju-mundur dengan mendorongnya. Kesal nggak begitu bro? Pasti deh, penulis yang lagi ngetik juga merasa terganggu menyusun kalimatnya, hehehe.

Kata mekanik yang pernah berhasil mengatasinya hanya cukup ganti  oli SGO dengan oli semi sintetik. Katanya dengan oli yang lebih licin sepatu penonjok perpindah gigi akan memposisikan ke netral dengan bagus. Berarti oli sebelumnya nggak licin dong. “Kalau itu saya nggak tahu. Setahu saya, setelah ganti oli sintetik penyakit itu hilang,ujar Kidung, pria jangkung dari Dridieb Motor di jalan Assakinah Raya no. 68 Rt 11 Rw 01, Pasar Minggu, Jaksel.

Masih menurut Kidung akan lebih bagus lagi diikuti menyetel ulang kopling. Jarak main kopling dibikin lebih jauh. Sehingga saat ditarik akan bekerja full. Penonjok atau stut kopling akan membebaskan kopling sebebasnya sehingga gigi mudah dibikin netral. Penyetelannya mudah, hanya memutar penyetel jarak yang ada di tuas kopling. Siapa pun bisa itu. “Tetapi palling utama soal oli,” ingat Kidung kembali.

Ini dengan prediksi tidak ada kerusakan lain didalam kopling. Hub, rumah, kampas kopling dan sebagainya berhubungan dengan kopling sehat semua. Menurut Kidung oli yang baik dan setelan/jarak maen kopling yg tepat sudah cukup membantu menyelesaikan masalah ini. Soal merk oli memang memang cocokcocokan.

DI FU, oli semi sintetik seperti misalnya Shell AX7 yang punya fitur ‘anti slip kopling’ sudah cukup bikin empuk persneling dan memudahkan netralin gigi. Oli yang full sintetik yang lebih mahal tentunya lebih baik lagi. “Ya oli yang bagus sih yang lebih mahal pastinya, Cuma bisa sesuai isi kantong atau dompet juga. Duit mah emang engga nipu.” Tutup pria yang gampang banget ketawa di bengkelnya. ManiakMiotor

BACA JUGA

Tips Motor; Cara Poles Bak Mesin Mengilap, Bisa Ngaca Juga..!

TIPS MOTOR: Gas Spontan Dari Balap Resmi, Liaran Sampai Harian..!

Tips Motor; Korek Harian Geser Busi Ke Tengah, Mantap Punya..!

Tips Motor: Bersih-Bersih Filter Fuel-Pump Injeksi, Bahan Bakar Lancar..!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353