nhk

Scrambler 1100, Motor Pejantan dari Ducati, Ada Kontrol Traksinya, Bro!

Ducati, Scrambler, 1100
Tampilan macho, bro

ManiakMotor – Sepeda motor model Scrambler lagi tren jaman now. Ducati pun sudah punya Scrambler 400, kemudian yang 800 dan terbaru 1100. Angka-angka itu mengidentifikasikan kepasitas mesin. Dan pabrikan Borgo Panigale kalo melahirkan motor, selain memperhatikan estetika juga menyertakan teknologi canggih.

Nah, pada Scrambler 1100 (kapasitas mesin 1079 cc yang berasal dari Ducati Monster) dilengkapi dengan kontrol traksi (traction control). Dibandingkan kedua kakaknya, 1100 ini punya perangkat elektronik lebih banyak.

Tampilan sederhana, tapi torsinya rendah

Keistimewaan jantung pacu 1079 cc, torsi sudah bekerja pada putaran rendah, dibantu oleh sasis yang ringan dan lincah yang dikembangkan cara yang sama untuk kinerja yang tinggi. Secara khusus, mesin ini L Twin dua katup berpendingin udara dan cairan serta sudah memenuhi standar Euro 4.

Mesin Desmodue ini punya bore x stroke (98mmx71,5mm) yang dilengkapi throttle body tunggal 55 mm, ride & wire dengan dua injektor, plus kotak saringan udara yang ringkas. Tenaga maksimum yang 86HP dicapai pada 7.400 rpm dengan torsi maksumum 88,4Nm pada 4.800 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan dengan kopling tipe

Desain knalpot yang besar mencerminkan performa tenaga yang dahsyat

multiplate. Kopling juga punya fungsi slip servo yang membatasi destabilisasi roda belakang saat penurunan gigi persneling.

Berbicara desain, pembaca silakan lihat dari gambar saja, ya! Yang tidak tampak seperti indikator [putaran mesin terinspirasi oleh spidometer motor tahun 1970-an. Posisinya di bawah panel kontrol berupa informasi volume bensin, mode berkendara (Active, Journey, atau City) dan tingkat kontrol traksi yang dipilih.

Ducati menyodorkan Scrambler 1100 ini ada versi Special dan Sport. Yang membedakan, versi spesial pelek aluminium depan dan belakang hitam dengan knalpot berlapis krom. Warna bodi “Custom Grey” dan lengan ayunnya berkelir keemasan. Trus, setang lebih rendah tapi dapat disetel.

Versi Sport, garpu depan dan sok belakang menggunakan Ohlins dan dapat disetel. Tampilan bodi “Viper Black” dengan dua garis kuning di tangki dan ada mudgiuards. Kedua pelek aluminium dengan jok yang lebih sport. Maliq

BAGIKAN