nhk

Sejarah Michelin, Punya Ban Gaib Buat Marquez, Soft Lebih Kuat Dari Medium Rossi Di Sachsenring 2018

ManiakMotor – Argumen lebih menarik adalah perbadaan ban Valentini Rossi yang medium dan Marc Marquez yang soft justru lebih kuat adalah set-up dan bobot pengendara. Rossi yang lebih berat memengaruhi over heat kompon yang bikin hancur ban.

Ok itu lupakan saja, sementara. Tapi melihat sejarah Michelin di MotoGP, bisa saja ban soft Marquez benar-benar ‘gaib’ alias goib. Michelin saat bertempur bersama Bridgestone dalam satu lintasan, selalu bikin kontroversi.

Masih ingat kan era Valentino Rossi yang Michelin mampu menghadirkan ban gaib hanya dalam semalam. Mereka bisa mencetak ban yang sesuai  jenis aspal sirkuit dan  suhu yang akan terjadi pada lomba. Itu mereka pelajari sejak sesi FP1 sampai kualifiaksi dan saat lomba sudah tersedia ban gaib Michelin buat Rossi. Trik ini berhenti saat Michelin sudah kesulitan melawan Bridgestone dan akhirnya diberlakukan ban tunggal, karena Rossi sendiri juga beralih ke Bridgestone.

Bisa saja itu terjadi lagi pada Marquez. Pembalap Spanyol itu diberi ban gaib oleh Michelin. Coba ingat baik-baik, ban Marquez ini selalu berbeda dengan pesaingnya. Dia selalu menggunakan hard, kalau itu bener-benar hard????

Ada yang mencurigakan usai masuk parc ferme atau parkiran motor juara, itu ban si Marquez langsung ditutup dengan tire warmer. Padahal sudah selesai lomba, buat apa, coba, pemenas tersebut. Kan lombanya sudah nggak ada?

Tapi begitulah juara, selalu diberi fasilitas wah oleh produk. Termasuk ketika kru Magneti Marelli (penyuplai) ECU yang katanya memberi tutorial pada ahli elektronik Honda, tapi tidak dilakukan Yamaha? Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

MotoGP Paruh Musim 2018: Ternyata Yamaha Memimpin Point Konstruktor

Teknis, Ban Medium Belakang Rossi Lebih Rusak Dari Soft Marquez Di Sachsenring 2018, Kenapa?

BAGIKAN