nhk

Sekolah Balap 43 Racing School, Murid Ada Terus Nih, Amiin…!

43 Racing Schol
Angkatan ke-6 43 Racing School. Andi Gilang nongol di foto karena salah satu murid gelombang 6 ini ada yang ke ATC, Andi sendiri lulusan dari sana

ManiakMotor – Sudah angkatan ke-6 murid yang masuk ke 43 Racing School. Sekadar informasi saja minimum setiap angkatan ada 4 murid di sekolah balap milik M Fadli Immanudin tersebut. Selangnya juga hanya seminggu sejak dari angkatan pertama.

Fadli jadi wakil Indonesia di balap sepeda Asia untuk penyandang cacat

Ada kelebihan ilmu yang didapat pada 43 Racing School. Terutama sistematisnya M Fadli memberikan materi pada muridnya. “Setiap angkatan ada 10 hari pertemuan. Di hari pertama saja, karakter setiap murid akan kelihatan dan dari situ akan diarahkan. Kebanyakan pembalap kita lahirnya dari bebek. Padahal sekolah saya ini lebih fokus pada jenjang sport,” sebut Fadli yang sudah pension dari balap.

Fadli cidera berat saat ARRC di Sentul 2015. Saat itu dia juara di supersport 600 cc, sayang saat finish ditabrak joki Thailand. Kaki kirinya akhirnya diamputasi yang membuatnya pension dan mendirikan sekolah balap.

Namun dengan kaki yang tinggal sebelah itu, Fadli punya tantangan baru. Dia diutus Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI). Dia ikut Kejuaraan Asia Paracycling di Bahrain alias cabang balap sepeda para penyandang difabel akhir Februari 2017 ini. “Kebetulan di cabang ini nggak ada pembalapnya. Sementara usai cidera kaki, kegiatan saya malah makin tekun bersepeda. Ya sudah saya yang diutus,” sebut Fadli yang saat naik sepeda bisa sejauh 50 km saban bersepeda nggak pakai motor, ya sepeda saja.

Kembali ke sekolah Fadli yang fokus pada sport dan memang jenjang ke dunia di situ. Dasar-dasar bermain sport sudah harus ditanamkan sejak dini. “Sangat jauh berbeda teknik balap dengan bebek dan sport,” sebut Fadli yang pernah menggabungkan dua aliran balap itu tapi memang nggak bisa. Baginya, gaya di bebek ya bebek, gaya di sport ya sport.

Fadli yang di 43 Racing School dibantu Ahmad Marta (pembalap road race DKI) untuk tekni dan Gandung Darmoko untuk fisik, juga punya kelebihan pada cara mengajarnya yang sistematis. Kelihatannya sederhana, namun kelas tinggi. “Rata-rata murid yang masuk mereka yang masih muda, bahkan pemula. Bahasa pengantarnya juga bahasa balap yang sederhana,” pungkas Fadli yang terus mensyukuri dan bilang amiiin sekolah balapnya selalu punya murid sejak didirikan.

Nah yang tertarik silakan hubungi 08132116622. MM

BAGIKAN