Selalu Mengisi Bagian Belakang, Stefan Bradl akan Digantikan Iker Lecuona? Puig Buka Lambe

    Maniakmotor – Beredar isu mantan pembalap MotoGP KTM yang sekarang balap WSBK, Iker Lecuona, akan gantikan Stefan Bradl yang kini sedang menggantikan MM93 semakin memanas. Isu tersebut beredar semenjak performa Bradl yang tidak memuaskan di seri MotoGP Sachsenring, Jerman yang merupakan kampung halamannya sendiri.

    Begitu pun di seri Assen Belanda kali ini, pada sesi FP1 barrusan. Doski lagi-lagi hanya mengisi bagian belakang papan hasil perlombaan di posisi ke-18.

    Tentu saja Honda memberikan kesempatan pada Bradl karena absennya Marquez yang kini sedang menjalani pemulihan operasi lengan kanannya. Dan kata Honda, doi akan terus mengisikan absen Marquez sampai kabar lebih lanjut. Adapun Marquez diprediksi baru kembali mampu untuk balapan paling cepat bulan September.

    Tetapi Stefan Bradl sebagai rider pengganti, belum dapat mencetak poin sama sekali pada 4 seri  balapan terakhir ini. Di Jerez dan Barcelona dia crash, Argentina ke-19, dan Sachsenring ke -16 alias terakhir.

    Alhasil asap isu mulai ngebul bahwa pembalap asal Jerman itu tidak akan bertahan sebagai rider pengganti dan posisinya akan di ambil alih oleh pembalap muda bermur 22 tahun asal Spanyol yang lebih menjanjikan yaitu Iker Lecuona.

    Secara regulasi kontrak Lecuona sudah terikat kontrak dengan tim Honda WSBK untuk balap WSBK, artinya doi wajib balap di setiap seri WSBK. Namun, tidak berarti dilarang ikut MotoGP. Lecuona bisa saja ikut MotoGP pada jadwal yang tidak bertabrakan dengan jadwal balap WSBKnya.

    Dalam kasus ini Lecuona tidak ada jadwal balapan yang bertabrakan antara WSBK dan MotoGP dari bulan Agustus sampai September, Artinya Lecuona bisa saja menggantikan Stefan Bradl sebagai rider pengganti Marquez mulai dari seri Inggris Silverstone 7 Agustus, sampai seri Aragon 18 september tanpa melanggar kontrak WSBKnya karena tidak bersilangan.

    Dari situlah muncul isu dan rumor yang kini kian panas di tengah fans Honda.

    Hal ini membuat Puig, bosnya Honda MotoGP buka lambe. Dan seperti perkiraan orang-orang, tentu saja tidak. Tapi?

    “Tidak itu tidak akan terjadi, Iker Lecuona sudah di kontrak Honda untuk balap di kejuaraan WSBK,” kata Alberto Puig selaku manager tim Repsol Honda yang juga sekalian merupakan manager tim HRC di WSBK.

    “Lecuona balapan di Superbike world championship dan performanya lumayan bagus disana, dia berada di peringkat ke-5 klasemen. Tetapi tentu saja misalkan Stefan terjatuh dan cedera dan kita harus mencari pembalap pengganti, mungkin Iker bisa mencoba, namun untuk saat ini tidak ada rencana sama sekali dari pihak Honda untuk menaikkan Lecuona ke MotoGP,” terang Alberto Puig.

    Sejauh ini Iker Lecuona berada di peringkat ke-5 Klasemen WSBK dan sudah mengoleksi 1x podium 3 dan konsisten finish di dalam 10 besar menggunakan Honda CBR1000RR yang masih dalam tahap perkembangan untuk jadi kompetitif di WSBK.

    BONE
    Editor: MM
    BACA JUGA

    Pasca Moto3 Sachsenring, Tatay Dihukum! Nakagami Honda di Barcelona Tidak? Lah, Loh