nhk

Selamat Jalan Pak Bambang Gunardi, Juri MotoGP Pertama Dari Asia, Tokoh Nomor 1 Balap Motor Indonesia

Bambang Gunardi di akhir-akhir bertugas sebagai juri di MotoGP 2015

ManiakMotor – Indonesia boleh bangga dengan Bambang Gunardi. Dari Asia, termasuk Jepang, silakan mereka punya pembalap tangguh di MotoGP. Tapi mereka kalah untuk urusan regulator balap motor dunia atau Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Bahkan jadi anggota kehormatan di FIM yang mengatur MotoGP dan World Superbike. Beliaulah Bambang Gunardi.

Bambang ketika masih mengatur IndoPrix

Portal ini turut bela sungkawa atas berpulangnya beliau mengahadap pencipta-Nya.  Bambang Gunardi telah meninggalkan kita persis 30 Agustus 2018 malam di Rumah Sakit  Puri Indah, Jakarta Barat setelah dirawat beberapa hari lalu, “Bapak terkena serangan jantung. Dan sejak saat itu tidak sadarkan diri. Beliau meninggal di umur 77 tahun,” sebut Stevie Gunardi, salah satu anaknya yang meneruskan balapan IRS di Sentul.

Tahun lalu, Bambang Gunardi dapat penghargaan kehormatan FIM CCR alias Honourary CCR Member FIM. Sebelum beliau terganggu kesehatannya, dialah satu-satunya orang Asia yang jadi juri MotoGP. Itu dijalaninya sejak 1997 sampai 2015. Dia diangkat jadi jury utusan FIM, karena kepiawaiannya saat MotoGP yang dulu masih GP500 singgah di Sentul 1996-1997. Ketebetulan saat itu, dia jadi petinggi balap motor IMI (Ikatan Motor Indonesia) yang membatu FIM saat GP500 di Sentul.

Tapi sebelumnya, Bambang Gunardi  jadi pionir balap motor Indonesia sampai seperti yang dilihat sekarang. Dialah yang mengangkat kejurnas (kejuaraan nasional) balap motor pertama 1995. Dia juga yang memperkenalkan sitem region yang sampai sekarang berlaku di Indonesia. BG – begitu dia dipanggil – yang punya gagasan IndoPrix, pula.

“Nanti kamu lihat, model kejurnas balap motor yang tertata dan pasti akan berkembang. Kami sudah menyediakan regulasi yang akan membawa balap motor Indonesia bersaing di Asia Tenggara,” kata Bambang pada penulis berita ini saat 1994 sedang mempersiapkan kejurnas 1995. Ternyata dari saat itu, Malaysia dan Thailand yang mengikuti regulasi teknik Indonesia, apalagi era mesin 4T yang Bambang juga yang berani mengubahnya dari 2T ke-4T.

Bambang Gunardi (kanan) dan didikannya Eddy Horison

Singkatnya di tangannya balap motor Indonesia maju pesat sampai terakhir memperkenalkan yang namanya Indospeed Race Series atau IRS sampai detik ini. IRS yang melombakan kejurnas sport 150 dan 250. Bambang Gunardi lah tokoh nomor satu balap motor Indonesia.

Selamat Jalan Pak… Jasamu tidak akan dilupakan dan selalu diperjuangkan yang ditinggalkan. Semoga amalnya diterima di sisi-Nya dan semua keluarga tabah. Miolo 

 

BAGIKAN