nhk

Seleksi Asia Talent Cup 2015, Tahun Ini Indonesia Jaaaauh..!

 

ManiakMotor – Tahun ini Asia Talent Cup (ATC) telah menyelesaikan semua serinya. Tingkatan penguasaan motor pun masih Jepang yang mendominasi 1 – 5 di akhir klasemen. Pembalap satu-satunya Indonesia yang tersaring tahun lalu hanya ke-16 dari 21 peserta. “Saya stu seri nggak ikut, karena bertepatan dengan seri terakhir motoprix,” kata Wilman Hammer yang satu-satunya joki di Indonesia di ATC.

Sebenarnya ada tiga pembalap Indonesia yang tersaring pada 2014. Namun karena perbedaan merek, para bakat ini dengar-dengar tak dapat izin dari tim merek yang mereka bela di Indonesia. Maksudnya yang digunakan di ATC itu Honda RSF250. Sementara yang tersaring mereka yang dari luar Honda. Kalau Hammer kan memang memperkuat Honda di Indonesia.

Kembali ATC menyaring untuk tahun depan atau 2015. Tepatnya sehari setelah MotoGP di Sepang. Tempat seleksi di sirkuit gokart Sepang dengan alat seleksinya bebek Honda Future 125 yang kolo di Indonesia Supra Xe. Ada 71 kontestan yang dipanggil. Misalnya Jepang, Indonesia, Malaysia, Singapura, Malaysia, Philipina, Tiongkok, India, Australia dan Selandia Baru. Dua negagara terakhir ini boleh ikut lantaran diperluas penyaringannya menjadi Asia Fasifik.

Dari 71 peserta ini akan disaring hanya 33 peserta. Lalu ditekan lagi sesuai tersediannya motor. Tahun ini misalnya, hanya ada 24 RSF250 yang tersedia. Sedang yang konsisten sampai akhir hanya 21 pembalap.

ATC dibangun untuk mensetarakan bibit Asia sama dengan belahan dunia lain. Ya macam Red Bull Cup atau CEV Repsol. Karena itu yang menangani mentor yang telah terbukti melahirkan juara dunia MotoGP macam Alberto Puig. Si Puig yang menemukan bakat Dani Pedrosa dan Casey Stoner. Tahun depan ia akan didampingi  Hiroshi Aoyama. Ito

 BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Valencia: Pol Masih Ingin Gaspol

MotoGP 2014 Sepang (Pasca Race): Ngetop di Indonesia, Rossi Malah Puji Malaysia

MotoGP 2014 Sepang (Pasca Race): Marquez Siapkan Rencana Besar di Valencia

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353