nhk

Seperti Ini Pabrik Busi NGK Indonesia, Businya MotoGP, Akan Ekspor ke Manca Negara

Pabrik busi NGK Indonesia

ManiakMotor – Soal merek busi NGK jangan diragukan deh. Lha wong MotoGP saja menggunakannya. Tapi tahu nggak kamu, NGK Indonesia sebentar lagi mejadi pusat produksi busi NGK seluruh dunia.Wajarlah, kalau masih bertahan di negara asalnya Jepang, produksinya mahal yang berimbas pada penjualan per biji. Macam di Indonesia yang terjangkau.

Pabrik NGK Indonesia
Kunjungan pabrik NGK Indonesia

NGK di Indonesia sudah ada sejak 44 tahun lalu alias didirikan 1973 itu, yakin mampu, karena saat ini sudah mengekspor ke bebera negara. Terlihat langsung di pabriknya di Jalan Raya Jakarta Bogor km 26,6, Jakarta –Timur ketika portal ini berkunjung ke sana. Pabrikanya sudah berteknologi canggih untuk memproses busi yang sudah diciptakan di Nagoya, Jepang sejak 1936 yang awalnya untuk menyuplai busi truk militer.

Memang bahan baku utamanya masih didatangkan langsung dari Jepang, terutama keramik insulatornya. Itu pun ada alasannya, “NGK Indonesia pernah kerjasama vendor Indonesia pada bahan baku. Ternyata si vendor juga mendatangkan materialnya dari Jepang, makanya kami kembali lagi ke induk NGK di Jepang,” ujar Diko  Oktaviano Technical Support NGK Indonesia yang sedang mengembangkan busi paten sekali untuk injeksi.

Didukung mesin cetak robotik canggih
Didukung mesin cetak robotik canggih

Di sisi lain, bahan-bahan baku masih bagian dari rahasia dapur NGK. Mutu busi salah satu penentunya juga dari kualitas dan rekayasa bahan dasarnya. Di situlah pembeda busi antar merek. “Makanya itu harus dijaga rapat oleh karyawan, mulai dari standarisasi,  bahan baku dan mesin pencetak yang setiap merek punya teknologi berbeda. Kalau mesin pencetak NGK sudah robotik semua,” tambah Diko yang mengklaim sebelum dipasarkan busi NGK telah dilakukan pengecekan kualitas perseribu pcs  pada lima sampel yang diambil dalam beberapa timing.

Lokal konten terhadap busi NGK hanya kemasannya, selebihnya masih import. Akan tetapi NGK Indonesia sudah dipercaya mengekspor busi dan kepala busi ke Malaysia, Vietnam, Thailand hingga Afrika. Juga NGK Indonesia memasok busi 70% ke pasar after market Indonesia. Sedang OEM alias busi asli motor pabrikan sebanyak 30 persen. Waw… banyak kali.

Media promosi NGK saat ini lewat berbagai kegiatan yang berkaitan. Untuk global NGK digunakan 7 tim MotoGP. Di Indonesia mendukung tim balap tanah air seperti Yamaha Bahtera, Astra Honda Racing Team, Yamaha Bien Racing, Yamaha TJM, Honda Trijaya, dan Honda Kawahara. Sebentar lagi akan ke drag bike yang dianggap lebih merakyat. MM

BAGIKAN