nhk

Seperti Yamaha Pasti Duluan Soal Motor Listrik, di Indonesia?

Motor Listrik 2017 YAmaha

ManiakMotor – Adu motor listrik nggak mungkin merek seperti Yamaha ketinggalan. Jangan-jangan malah mereka yang duluan ketimbang merek-merek baru yang teriak penemu awal motor listrik. Lha wong mereka sudah memperkenalkan motor listrik sejak 1993. Yamaha punya dana untuk riset tersebut. Hanya saja untuk Indonesia  dipertimbangkan untuk safety yang mesinnya nggak ada bunyinya tersebut. Bisa nabrak, orang nggak tahu ada motor lewat.

Karena itu  PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menggelar konferensi pers. Temanya “Market Trial” sepeda motor listrik. Acara tersebut  berlangsung di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 1 November 2017. “Walau Yamaha sudah memproduksi motor listrik di Eropa dan Jepang, tapi tidak gegabah untuk Indonesia. Semua harus punya kajian dan sekarang tahap uji coba,”  sebut Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT YIMM.

YIMM sebagai anak perusahaan Yamaha Motor Company merasa wajib melakukan studi pasar motor listrik di Indonesia. Kan mainan baru! Sebulan ke depan, YIMM bekerja sama dengan empat institusi, seperti Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD akan mendalaminya. Motor listrik tersebut digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka.

Yamaha pada 1993 mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang “sepeda dengan bantuan elektrik”, ramai digunakan sebagai genre baru. Penjualan Yamaha PAS di pasar global sudah  4 juta unit, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Yang asli motor listrik Yamaha pertama memperkenalkan 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut mengeluarkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino. Djang Tokyo Motor Show tahun ini pun memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah menyebar dui Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

Pokoknya Market Trial motor listrik Yamaha ini untuk mendukungan pemerintah terkait Program Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan. Ke depannya Yamaha akan menganalisanya, supaya menghasilkan motor listrik berkualitas. MM

 

BAGIKAN