nhk

Sepsifikasi Ban FDR Drag Bike 2019, Namanya FDR Drax, Bentuk ‘U’ Slick

ManiakMotor – Ban drag bike FDR yang bernama FDR Drax sudah berhasil juara di kejurnas Region 1. Putaran ke-8 Kejurnas Drag Bike Region 1 pada Minggu (25/8-2019) di sirkuit non permanen Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, gelar juara DB1, DB2, dan DB3 direbut oleh pembalap yang menggunakan ban FDR.

Tentu saja ingin tahu spesifikasi dan konstruksinya kan. FDR Drax TT berukurannya 60/80-17 dengan tipe slick alias tanpa kembang. Bentuknya tidak kotak, tapi FDR Drax punya profil seperti huruf ‘U’. Profil ban ini membuat ban tetap siap menerima tenaga besar saat start. Bannya nggak meleot saat dapat tenaga.

Ban FDR Brax, tipe terbaru untuk drag bike Indonesia

Namun ketika berhasil meluncur dan sudah melaju traksinya otomatis minimal sehingga tidak menyiksa mesin menuju top speed. Dia bisa memberikan catatan waktu yang terbaik, “Profil ban Drax yang seperti huruf ‘U’ ini menguntungkan. Di startnya gripnya lengket, saat melaju t pembalap jadi bisa memacu motornya lebih cepat untuk meraih best time,” kata Jimmy Handoyo, technical service & development department head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal.

Karena profil ban FDR Drax yang berbeda dengan ban drag bike biasanya yang kotak, FDR merekomendasikan untuk menggunakan rim ukuran 1.60 inci x 17 inci. Sedang tekanan angin ban 17 psi. Pembalap bisa menambah atau mengurangi tekanan angin ban hingga 4 psi, sesuai dengan bobot pembalap, karakter mesin motor, dan kondisi jalan.

“Dari hasil riset kami bersama sejumlah pembalap drag, tekanan angin tersebut adalah yang optimal untuk FDR Drax. Jika tekanan angin dibuat rendah, seperti 10 psi maka ban akan goyang terutama start. Sebaliknya, jika tekanan angin terlalu tinggi ban akan spin,” ujar Jimmy.

FDR Drax ukuran 60/80-17 TT yang diluncurkan oleh FDR saat ini adalah ban slick alias tanpa kembangan sehingga cocok untuk trek kering. Selain itu, ukuran ban Drax yang lebih ceper membuat ban jadi lebih kokoh. “Momen start saat balapan drag bike sangat penting, oleh karena itu kami rancang ban yang kokoh agar ban goyang,” tambah  Jimmy.

Ban FDR Drax ukuran 60/80-17 TT sudah bisa didapatkan di pasaran dengan harga eceran tertinggi Rp300.000. Rilis FDR

BACA JUGA

FDR Luncurkan Ban Baru Buat Drag Bike, Namanya FDR Drax, Rebut Juara Kejurnas 2019

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353