Serem! Marc Marquez Dituduh Hancurkan Honda dan Langsung Cabs ke Ducati

Maniakmotor – Memang sebelumnya  cukup mengagetkan dengan Marc Marquez yang membuat keputusan berani dengan hengkang dari Repsol Honda yang dia bela selama 11 musim.  Seremnya Marc Marquez kini malah dituduh sudah menghancurkan Honda sebelumnya.

Meskipun Marquez kini mencari angin segar yang lebih baik di Ducati Gresini, ada pihak yang merasa kepindahannya terlalu cepat dan tak ada tanggung jawabnya.

Sementara Marquez berpindah ke Gresini Racing, Sito Pons, mantan pembalap MotoGP, mengekspresikan pemahamannya terhadap keputusan Marquez. Namun, Pons juga mengecam kurangnya loyalitas Marquez terhadap Honda yang sudah lama menjadi timnya.

Pons mengungkapkan, “Saya bisa memahami apa yang Marc Marquez sudah lakukan, salah satu hal yang terpenting bagi saya adalah loyalitas.” Kritikannya terhadap Honda tidak sepenuhnya membebaskan Marquez, mengingat perannya yang besar dalam kegagalan pengembangan motor kompetitif.

“Kemudian karena Anda tidak memiliki motor terbaik, maka seenaknya ingin pergi. Memang motornya tidak kompetitif lagi, tapi bagian ini karena Marquez tidak membalap lagi,” ujar Pons.

Cedera panjang yang dialami Marquez diklaim menjadi faktor utama kesulitan Honda. Meski demikian, Pons menekankan bahwa Marquez juga harus bertanggung jawab atas kondisi timnya. “Anda telah jatuh, mengalami nasib buruk, tapi nasib buruk ini berpengaruh kepada seluruh proyek Honda,” tandas Pons.

Kontroversi Marquez menciptakan ketegangan di MotoGP 2024, sementara Honda berjuang melepaskan diri dari bayang-bayang Baby Alien yang kini bersaing dengan Ducati.

Apakah keputusan kontroversial Marquez membawa keberuntungan di Gresini Racing atau malah memperdalam krisis Honda, semuanya menjadi tanda tanya besar di jagat balap motor internasional.