nhk

Seri 1 YSR 2019 Sentul: Race Sport 150 Rider Pro, Juara Iksan Lala Dengan All New R15 VVA

ManiakMotor – Cerita suspensi Yamaha All New R15 jangan diragukan lagi dengan teleskopik depan yang up side down. Tapi mekanik disibukan dengan mesin terutama pada kepala silinder yang di situ ada kem atau chamshaft dan pusat power motor. All New R15 menggunakan VVA (Variable Valve Actuation) yang benjolan atau lobe kem-nya lebih banyak dari kem versi R15 lama.

Itu disuarakan para mekanik yang ikut seri 1 Yamaha Sunday Race (YSR) 2019 pada 22 – 23 Juni 2019 di sirkuit Sentul Internasional, Bogor, Jabar. Sebab, tahun ini wajib pakai All New R15. Motor pun baru mereka garap sekitar dua bulan lebih untuk menghadapi seri 1 YSR ini.

Iksan di jumpa pers

“Masih banyak yang harus dicari bertahap. Nggak bisa disederhanakan misalnya diganti kem R15 versi lama. Itu dilarang peraturan YSR 2019 yang memang tujuannya sebagai event pengembangan,” papar Bima Aditya mekanik Yamaha AIRA Oryza SSS yang dua pembalapnya nggak finish saat race Sport 150 Pro Riders terkendala daya tahan kahs mesin baru dibangun untuk balap.

Hasilnya saat balapan Iksan Lala atau yang bernama asli Fahnisyar Nurjabad dari Sulsel juaranya. Pembalap yang membela Yamaha AKAI Jaya ini juga punya teknik sendiri agar durabilty sampai finish, “Dari 10 lap saya hanya ikut terus, agar mesin awet. Kan saya tahu, All New R15 ini masih tahap riset. Masih baru,” papar Iksan yang bertempur dengan Wahyu Aji Trilaksana dari Yamaha HDS pimpinan mekanik senior Om Hawadis. Wahyu jadi podium kedua.

Beda lagi cerita Yogi sebagai mekanik Akai yang menangani R15 Iksan. Katanya pada Jumat ada pengumuman dari Yamaha langsung, bahwa VVA boleh dimatikan, “Makanya VVA tidak diaktifkan membawa keuntungan. Bukannya melawan aturan, namun itu perintah dari Yamaha langsung. Maka saya setting ulang kompresi dan Sabtu dapat suplai knalpot Proliner terbaru,” senyum Yogi.

Sedangkan Om Hawadis yang pembalapnya podium kedua bercerita. Bahwa potensi power All New R15 VVA ke depan sangat terbuka. “Nantinya jauh lebih unggul dari R15 versi lama yang bisa 1 menit 47 detik di Sentul. Saat ini All New R15 memang masih berlari 1:52. Tapi ke depan akan lebih cepat. Ke depan juga akan dikembangkan kepala silinder dan rasio,” timpal Hawadis dengan senyum kumis tipisnya. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 1 Yamaha Sunday Race (YSR) Sentul, Bogor 22 – 23 Juni 2019

Seri 1 Yamaha Sunday Race (YSR) Sentul 2019: Sport 150 Pro Rider Wajib All New R15 VVA, Kem-nya?

Faeroz Gasspoll Balap Ketahanan Suzuka 4hours 2019 Di Kelas 600 CC

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353