nhk

Seri 2 YSR Sentul 2019: ‘Kerjasama’ Apik Gupita & Iksan Di Race Sport 150 Pro, R15 VVA-nya Kuat

ManiakMotor – Yang juara di Sport 150 Pro Rider adalah Iksan Lala alias Fahnsyar Nurjabad (Yamaha AKAI Jaya). Dia taklukan R15 VVA dulu, baru lawan-lawannya dalam race ronde 2 Yamaha Sunday Race (YSR) pada Minggu 28 Juli 2019 di Sentul Besar, Bogor, Jabar.

Disebut menaklukan motornya dulu lantaran seri 2 ini wajib menggunakan All New Yamaha R15. Itu motor menggunakan kem yang berbeda dengan R15 old. Para mekanik baru beberapa bulan terakhir diwajibkan meriset motor ini yang tentu riskan pada daya tahannya.

“Caranya dengan tanpa sengaja, saya saling ‘bantu’ dengan Gupita (Kresna). Hasilnya kami saling memanfaatkan angin,” papar Iksan yang finish berdekatan dengan Gupita alias selisih 0.002 detik yang sulit dilihat kasat mata hasil finishnya. Gupita dan Iksan meninggalkan posisi ketiga hampir 5 detik. Dan hanya keduanya yang bisa mengukir catatan 1 menit 50 detik. Itulah yang disebut Iksan saling bantu dan lap terakhir tergantung nasib masing-masing dan Iksan bernasib baik unggul tipis tadi.

Gupita juga begitu. Sebab katanya, R15 VVA-nya di dalam seri ini masih terus bermasalah dalam daya tahan. Setiap kali sesi latihan, kualifikasi dan warm-up muncul gejala kurang kuat pada daya tahan. “Makanya dengan strategi seperti mengajak berduan dengan Iksan, motor cenderung lebih aman mesinnya. Maksudnya kerjanya lebih ringan,” kata Gupita yang memperkuat Yamaha AIRA ORYZA SSS Proliner.

Lantas keduanya menggabungkan dengan kinerja mekanik masing-masing memaksimalkan setelan daya tahan R15 VVA. Pasukan Akai misalnya, sebelum balapan ini mengaku kruk-as R15 VVA masih sering kalah, “Makanya hari Sabtu usai QTT kami mengganti kruk-as-nya dengan yang baru. Lalu kerja VVA kami aktifkan dari 7.000 rpm,” kata Yongi yang jadi juru setting motor Akai.

Sedang R15 VVA Gupita yang sejak seri pertama menggunakan VVA walau saat itu boleh dimatikan, juga punya persoalan daya tahan sejak Sabtu. “Makanya saat race-semua AFR saya turunin. Dibikin lebih basah dan gir juga ganti lebih berat, eh aman,” timpa Bima Aditya yang juga kakak dari Gupita sekaligus mekanik Oryza.

Kata mekaniknya bila daya tahan tertangani akan lebih mudah menambah power R15 VVA  selanjutnya. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race, Sentul, Bogor, Jabar 27 – 28 Juli 2019

Seri 2 YSR Sentul 2019: Komentar Hawadis, Bima Dan GDT Terhadap VVA All New R15, Bisa Sangat Sangar

Seri 2 YSR Sntul 2019: Kualifikasi Sport 250 Prof Milik R25 Rey Ratukore, Pakai Fairing Seksi

 

BAGIKAN