nhk

Seri 3 FDR NHK SSS RCB MotorPrix 2018 Wonosari: Data Lintasan Panas

ManiakMotor – Seri 3 MotorPrix (MP) Jawa akan ada di Lanud Gading, Wonosari, Gunungkdul, Yogyakarta pada 12-13 Mei 2018. Masuk Mei ini sudah musim kemarau. Musim panas yang berpengaruh pada setelan motor. Apalagi Lanud Gading memang dikenal suhu cuaca di atas rata-rata.

Dari data Yamaha NHK SSS Bahtera Racing, tahun lalu suhu aspal mencapai 60°C. Waw… panas kalee. Ditambahkan dengan temperatur mesin rata-rata 90°C, maka setelan motor pada waktu pengapian yang dipengaruhi terhadap kompresi, kudu hati-hati, “Itulah gunanya data. Juga harus dideteksi ketika sesi latihan dari pagi sampai siang,” kata  Gendut yang akan senyum bila disapa GDT, mekanik Bahtera.

Onggo Mototech dari Honda Kawahara tenang-tenang saja pada suhu. Karena era sekarang lebih akurat dengan teknologi elektronik. Semua terdeteksi dari grafiknya, di situ ada putaran mesin, AFR, sampai suhu mesin ada di lap-top, ”Tinggal mapping yang tepat. Dibikin basah saja. Bensin lebih banyak dari udara. Ini disetel dari AFR atau Air Fuel Ratio. Makin rendah artinya basah,” kata Mr. Ongs yang mengorek Sonic 150R Boy Arby kampiun di seri 2 Subang, Jabar.

Benar juga tunggu hasil latihan akan terdeteksi semuanya. Yang juga disetujui Anto Fast Tech dari Fast Tech Racing Team. “Hasil latihan akan memutuskan dan menyusun setelan motor. Wonosari memang panas, tapi embusan angin kencang. Dimanfaatkan saja dengan  dengn air scoop atau corong penangkap angin pada radiator. Suhu bisa stabil kok,” kiat  Anto.

Ban juga jadi pilihan tepat mengatasi suhu lintasan. Yang pakai Pirelli kudu hati-hati. Komponnya terlalu soft yang mudah over heat. Ardel

BAGIKAN