nhk

Seri 3 IRS Sentul 2018: Peserta Underbone 150 Bertambah, Sport Sesuai Dukungan Tim

Persiapan Bahtera

ManiakMotor – Seperti biasa, jadwal Sabtu untuk ronde 3 IRS Sentul yang memang di Sentul Besar 25 Agustus 2018 diisi sesi latihan dan kualifikasi. Lantas dilanjutkan race-1 untuk status kejurnas.

Sebelum ke sana, ada baiknya melihat peta dari jumlah starter setiap kelas. Ada yang berkurang dan ada yang bertambah, “Untuk underbone yang baru diperkenalkan pada seri 2 ada penambahan jumlah starter. Jika seri 2 hanya empat peserta, di seri 3 ini jadi 10,” sebut Stevie Gunardi dari IndoSpeed penyelenggara IRS.

Tuh kelas bebek dipersiapkan tim besar juga

Terlihat nama-nama peserta yang sudah punya nama di kelas bebek mesin berdiri tersebut. Macam Wawan Welo dan sebagainya. Yang penting umurnya masih di bawah 20 tahun. “Sebab kelas ini diperuntukan untuk jenjang ke Asia, karena kelas underbone masih dipertandingkan di sana. Indonesia juga harus ada wadahnya di sirkuit besar,” tambah Stevie.

Sedang kelas kejurnas seperti Sport 150 dan 250 cc, seperti biasa. Maksudnya jumlahnya tidak banyak berubah sejak ronde pertama, “Karena umumnya kelas ini disupport merek. Mereka yang turun adalah tim-tim yang sudah mengontrak tetap pembalapnya,” timpal Febrianus Balank yang tahun lalu bersama Yamaha HDS, tapi tahun ini bermain sendiri. Tuh namanya malah di OMR 250.

Sabtu pagi sudah terlihat kegiata rutin persiapan motor kecil-kecilan, terutama menyangkut elektronik. Tentu juga penampilan paddock dan motor yang harus lebih kinclong. Para mekanik rajin mengelap bodi motor sampai mengilap.

Sebab, “Untuk melakukan pekerjaan mekanis itu sudah dilakukan jauh-jauh hari sesuai data riset. Kalau masih menggunakan spek lama, hanya memperbarui komponen yang jam terbangnya sudah habis,” kata Hawadis, tunner papan atas dari Yamaha HDS yang ikut Sport 150 dan 250. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 3 IRS Sentul, Bogor, Jabar 25 – 26 Agustus 2018

BAGIKAN