nhk

Seri 4 One Prix Sentul 2019: Yamaha AIRA Bermodal Knalpot Proliner Baru, Rasio Gigi 2 Ringan

Samsul Arifin

Maniakmotor – Kalau ditanya pada tim Yamaha Aira Oryza SSS NHK, tentu targetnya juara seri 4 One Prix di Sentul Kecil, Bogor, Jabar 12 – 13 Oktober. Mereka membawa bekal baru dari segi reduksi dan pipa gas buang MX-King andalan mereka.

Knalpot Proliner
Knalpot Proliner model baru

“Saat podium di seri 3 lalu di Sentul juga, reduksi dari gigi dua kepanjangan. Di seri ini dibikin lebih ringan. Harusnya lebih close. Tapi di saat sama juga, aspal Sentul Kecil berubah banyak tambalan, hehe,” terang Bima Aditya sebagai chief mechanic Yamaha Aira.

Sabtu siang pada 12 Oktober sudah berlangsung QTT dan pembalap Yamaha Aira, Syamsul Arifin berada di posisi ke-6. “Kalau kualifiaksi belum penentu. Yang penting di bagian depan startnya. Soalnya durasi 25 lap saat lomba termasuk panjang. Ketahanan dan konsistensi mesin yang paling dibutuhkan. Karena itu kami menggunakan knalpot Proliner model baru yang membantu daya tahan mesin. Knalpotnya nggak terlalu los,” papar Bima sembari menunjukan knalpotnya.

Nah knalpot riset baru ini ada hubungan dengan perubahan reduksi rasio percepatan dua. Pipa pelepas gas buang produksi dari PT Enwan ini sangat dibikin ngisi pada putaran tengahnya. Model silincernya agak oval, bukan bulat seperti biasanya. Diharapkan dengan karakter knalpot, dorongan pada putaran menengah membantu konsistensi setiap lap. Maksudnya, stamina pembalap juga terbantu.

Bima Aditya

Untuk mengatasi trek yang agak bampy dibanding seri sebelumnya, juga punya cara  mengatasinya, “Pemetaan mesin dari ECu aRacer dibikin lebih lembut. Pembalap jangan terlalu kaget dengan power bawahnya. Tapi saat QTT, mapping ini terlalu lembut. Bisa diubah dan melihat cuaca saat lomba dua race Minggu,” tutup Bima pada tim yang didukung bos dari Palu, Sulawesi Tengah tersebut. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 4 One Prix Sentul, Bogor 12 – 13 Oktober 2019

Seri 4 One Prix Sentul 2019: QTT Bebek 150 Expert, Tercepat MX-King Willy Hammer, Ditempel GTR Afridza


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353