nhk

Seri 6 ARRC Thailand 2017: Hummm… Hari Kedua Indonesia Nggak Dapat Apa-Apa

ARRC yri seri 6 2017-Galang-Fadly

 

ManiakMotor – Memang begitu, hari kedua atau Jumat 1 Desember 2017 di sirkuit Chang International Buriram, Thailand, khususnya kualifikasi dua kelas utama disikat tuan rumah. Satu kelas lagi dari Malaysia dalam rangka ronde ke-6 atau terakhir ARRC 2017.

Dimulai dulu di kelas yang paling ketat AP250. Kelas ini diikuti 33 peserta dari berbagai negara. Dan memang rapat kualifikasinya. Honda CBR250RR from Indonesia yang awal-awal seri ARRC dominan di tempat sama, di ronde akhir ini kesulitan menguasai keadaan. Selain soal revisi regulasi mesin sejak dari India yang boleh mengubah timing cam, juga dua pembalap Thailand sangat mengerti melajukan motor mereka di negara mereka.

Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand) dan Muklada Sarapuech (Honda Thailand) di posisi 1 dan 2. Sarmoon malah boleh berlari sendiri di bawah 1 menit 54 detik, tepatnya dia mencetak 1 menit 53.522 detik. Baru deh di belakang keduanya ada Gerry Salim (Honda Indonesia).

Sementara, andalah Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama saat lomba start dari grid 8. Tapi tenang saja, Galang sempat mencetak catatan yang mirip-mirip dengan papan atas ketika FP3. “Masih optimis bisa melawan. Kali ini motor nggak jauh-jauh amat ketinggalannya. Biasanya kalau lagi balap akan bergerombol,” kata Galang.

Lanjut ke SS600 yang kembali jadi pamer skill dari Apiwat Wongthananon. Joki Yamaha Thailand yang tahun lalu juara AP250 sepertinya mudah memetahkan para seniornya, termasuk Ahmad Yudhistira dari Indonesia. Apiwat tahun ini ditangani manajemen VR46 Riders Academy milik Valentino Rossi dan ikut FIM Repsol Moto3. Ilmu dari Rossi itulah yang ia gunakantercepat di kelas 600 cc. Apiwat ikut di negaranya berstatus wild card.

Di bebek juga lepas untuk start dari grid terdepan. Dua pembalap Indonesia, Wahyu Adji (Yamaha Racing Indonesia) dan Anggi Setiawan (Yamaha TJM WR) malah di posisi 2 dan 3. Yang tercepat pembalap Malaysia. Khusus untuk Wahyu saat race 1 besok dia wajib juara. Di saat sama, Wahyu berharap MD Akid Aziz (UMA Racing Malaysia) nggak finish, hehe. Akid ini hanya berharap ke-9, walau Wahyu juara di race-1, dia yang memboyong juara ARRC UB150 2017. Sebab Wahyu ketinggalan 44 point dari Akid. MM

BACA JUGA

Hasil Ronde 6 ARRC Thailand 30 November – 2 Desember 2017

BAGIKAN