TB 32mm, Racetech Cari CaraTetap Pakai Power Band Lebar untuk Adam Racing Team di SCR 1 Palopo 2024?

Maniakmotor.com – Walau sama sirkuit, tapi racikan dapur pacu Racetech kudu dikorek ulang. Lu tahu lah, SCR 2024 yang pakai regulasi Oneprix 2024. Artinya berbeda dengan regulasi Motoprix 2024 yang lebih dibatasi.

Memang enggak banyak, tapi beberapa ukuran part mesin lebih besar. Sebut saja Throttle Body (TB) yang mengatur percampuran bahan bakar dan udara.

Dengan Ukuran 32mm, alias beda 4mm dari regulasi Motoprix, Racetech sampai mengirim mesin baru. Lantas, berubah dong CFM dan Gas Speednya dengan TB yang lebih besar itu?

“Sebenarnya, spek dan flow sebenarnya sama, tapi karakter berubah karena menyesuaikan regulasi SCR. Kami dari Racetech juga sudah menyiapkan 1 mesin baru untuk SCR ini,” tutur Rizal Kobo, tangan kanan Leon Chandra Racetech yang mengawal Adam Racing Team di Sulawesi.

Bicara karakter Sirkuit Palopo, bisa dibilang sulit-sulit gampang. Ya kalau gampang banget, pastilah enggak perlu disetting-setting lagi penyesuaian, haha.

“Maksudnya Teknikal, tapi ada bagian high speed. Makanya enggak boleh terlalu besar di power bawah, tapi juga harus kuat di ujung-ujungnya,” ucap Kobo.

“Karena itu sebenarnya Peak power enggak dibuat terlalu berbeda dengan Sirkuit Sentul. Hanya saja ada penyesuaian untuk bisa dapat top speed maksimal di bagian high speed tadi,” lanjut Kobo.

Terbayang lah kalau begitu karakter mesin terbaru dari Racetech untuk SCR Seri 1 2024.

Pastinya dengan TB Besar, tapi dengan power band tetap lebar agar bisa terus bertenaga di sirkuit panjang tapi Teknikal tersebut.

“Ujung persiapan kami sudah 80 persen. Tinggal disesuaikan lagi saja Set up mesin yang sesuai OP1. Karena berbeda dengan regulasi Motoprix. Pastinya kita banyak penyesuaian untuk pembalap Expertnya,” ujar Bos Adam yang dihubungi portal ini lewat instagram resmi Adam Racing Team.

“Oh iya, ngomong-ngomong di motor 5TP kami juga ada beberapa pengubahan. Kita ada pengubahan spek engine di tahun kemarim yg sebelumnya pakai Pertamax Turbo. Sekarang sudah pakai Bensol,” pungkas Adam.

Nah, kalau untuk 5TPnya racikan Damdi Racing. Mereka bakal pakai motor lawas itu untuk kelas ExMP2 dan MP4.

Terakhir, ada petukaran joki juga di Adam Racing Team ya ges. Iswandi Muis yang podium di Motoprix Seri 1 2024 kemarin, akan diganti dengan aja di Tuahatu.

Mantap deh, gaspoll! RAIDER