nhk

Setang Kemudi Ajaib, Alat Olahraga Sederhana Pembalap Road Race dan Motocross

ManiakMotor – Setang setir motor yang dirancang khusus buat olahraga bermotor. Fungsi setang ini berguna untuk gerakan bermanuver buat para pembalap. Pakai setang ini kekuatan jari, lengan sampai seluruh tangan didapat hanya dalam satu setang. Alat olahraga para joki road race, motocross dan grasstrack juga bisa.

Setang serba guna untuk fisik joki
Setang serba guna untuk fisik joki

Setang ini juga bisa memperkuat otot dada dan perut. Setang ajaib memang. “Pada setang ini bisa push-up (lihat foto) sembari jari-jari meremas rem dan kopling. Di saat sama, bisa melatih keseimbangan,” sebut Gadung Darmoko, pelatih fisik 43 Racing School di Sentul, Bogor, Jabar pada Rabu 11 Januari 2017. Di sana 43 Racing School memang sedang mendidik para muridnya yang dipimpin M Fadli.

Keseimbangan juga boleh didapat

Bahannya dari setang motor apa saja bisa. Tapi dianjurkan yang lebar dari motocross. Lantas itu setang dibikin dudukannya seperti di foto. Pakai recer yang dudukannya dibikin dari pelat setebal 5 mm. Pelat ini dibikin kotak yang kira-kira 12 cm x 12 cm. Pelat ini kalau di motor benar adalahalah segitiga atasnya.

Di bawah pelat tersebut masih ada rancangan untuk dudukan per atau pegas. Pegas ini yang tersambung pada handel atau seolah tuas kopling dan rem. Per ini untuk memperkuat jari-jari dan lengan agar nggak kesemutan sembari membalap. Zaman dulu pakai per yang diremas-remas. Silakan lihat foto lagi pernya. “Untuk sambungan per dan handel pakai tali kopling manual,” tambah Gandung semberi menganjurkan lihat foto saja.

Di bawah pelat itu juga ada rangkaian pelat pada pipa berdiameter 2 inci. Nah pipa sepanjang 20 cm ini juga kuncian pada setang ini. Namanya pipa pasti bulat, saat didirikan sembari push up pada setang saat bersamaan akan butuh keseimbangan. Apalagi sengaja digoyang-goyang seperti membelokan motor saat push up. Pokoknya mantap deh. MM

BAGIKAN