nhk

Setel Deck Clearance Lewat Paking

ManiakMotor – Mesin balap dibikin ekstra presisi. Kalau tidak hati-hati, mesin rawan meleduk. Terutama setting kompresi dan deck clearance. “Deck clearance dicari jarak amannya dulu, baru kemudian kompresi,” kata Masstri Lodoyo, dari Maximo Performance Yogyakarta.

Beda lagi dengan Ibnu Sambodo, pawang Manual Tech. Dia menyetel kompresi dibikin melewati toleransi. Nanti dikurangi per bagian dan pasti akan ketemu. Hanya saja, Ibnu bekerja di tim pabrikan. Semua spare part dapat gratis. Nah kalau perorangan, mate lah. Koit dalam keuangan, pak!

Deck clearance itu jarak terdekat antara permukaan piston dan squis. Semakin mepet jaraknya semakin baik, karena tidak banyak campuran bahan bakar percuma yang terjebak di antara ruang sempit ini dan dioper ke ruang bakar. Tetapi, kalau kependekan antara piston dan squis bisa saling ciuman. Blar… piston hancur, mmmuuuuach!! Beli kan…

Buat mengatur jarak terbaik, misalkan 0,6-0,7 mm, mekanik harus benar-benar mampu mengatur dan memastikan bubutan presisi. Padahal, membubut piston, blok atau kepala silinder beberapa kali rawan pada kesalahan. Paling parah jika bubutannya miring. Jarak yang dihasilkan tidak merata di semua sisi.

Untungnya, sekarang sudah ada paking kertas pengatur deck clearance. Paking ini berada di blok bagian bawah. Terbuat dari kertas buffalo. Trik ini dulu diperkenalkan oleh Pak Keke, mekanik asal Purwokerto, Jateng.

Tapi dulu masih digunting satu-persatu. Sekarang sudah model cetak tekan. Ketebalannya 0,09; 0,11 dan 0,15 mm. Karena model press, bentuknya rapi dan presisi seperti bikinan pabrik. Harganya pun murah meriah antara Rp 500 – Rp1.000 per bijinya. Kalau mau order, kontak :  0877-3953-7667. Kyai Pradah.

BERITA TERKAIT:
 
Filter Bensin Dari Sloki
Mainkan Paking, Atur Kompresi Harian
Seting Karbu Harian Pakai Komputer
Isi Head Bebek Aduan Seringan Titanium
Setel Klep Honda Supra 125
Analisa Dari Busi, Mesin Boros
KLX 150 Letoy Jadi Asoy

 

           

 

BAGIKAN