nhk

Setel Kopling Semi Otomatis Supra

ManiakMotorTenaga dari mesin harus mampu ditransfer ke roda melalui mekanisme transmisi. Kopling salah satu mekanismenya. Kopling sendiri ada yang manual, otomatis dan semi otomatis. Kopling  juga butuh penyetelan bila motor dipakai lama. Maka ayo sama-sama menyetel kopling semi otomatis Honda Supra X.

Gejala kopling minta disetel, bila muncul gejala  perpindahan persneling tak nyaman. Saat tuas persneling diinjak, jaraknya kian dalam atau sebaliknya.  Gejala lain, saat gas masih kecil atau rpm di bawah, motornya maunya jalan. “Caranya menyetelnya cukup mudah, semua bisa praktekkan sendiri. Karena yang mau disetel tanpa membuka bak trasmisi dan sebagainya,”bilang syahrul Salam, guru Teknik Sepeda Motor di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng.

Penyetelan di Supra X seharusnya bisa dipraktekkan pada semua Honda. Langkah awal, seperti hiasa. Ya, biasanya pakai kaos oblong dan  celana pendek, biar bebas gerakkannya. Jangan lupa juga handuk kecil. Soalnya, lumayan keringatan juga bila masih pemula.

Cari tempat lapang. Pinjam pekarangan tetangga jug bisa dan motor diposisikan dengan standar tengah (utama).  Siapkan kunci ring 14 dan obeng min atau obeng pelat. Posisi penyetelannya ada di kanan motor atau tepatnya persis di bak mesin kanan. Ini sebenarnya bisa menggunakan kunci-kunci standar bawaan motor.

 Kendorkan mur pengunci baut penyetelan kopling dengan kunci ring 14. Putar murnya ke kiri sampai kendor. “Sekarang, putar baut penyetel kekanan (searah jarum jam) sampai terasa ada sentuhan. Lalu, putar kembali kekiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti,” tegas Pak Guru.

Karena kata Pak Guru menyuruh berhenti, silakan istirahat sebentar. Tenangkan pikiran, jangan berpikir ada tagihan utang, bisa salah hitung putaran penyetelannya. Oke? Kalu iya, ayo lanjut! Ambil lagi obeng min dan putar baut penyetelnya ke kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran. Lalu kencangkan mur pengunci sambil menahan baut penyetelnya.

Untuk  memastikan setelan brosist berhasil atau tidak, coba hidupkan mesin dan masukan gigi 1 sembari menahannya.  Putar gas hingga seperempat putaran (2.000 rpm). Lihat roda belakang diam atau terus berputar?Kalau diam berarti berhasil, kalau masih bergerak artinya harus disetel ulang seperti langkah tadi. Ardel

TIPS LAINNYA:

Lubangi Tutup Tangki Bensin, Biar Lancar..!

Gigi Nanas Spidometer, Pengganti Pisau Tuner

Ganti Kampas Rem Vario (Tips Standar)

Ganti Oli Transmisi Matik

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

 

BAGIKAN