nhk

Setelah 23 Seri Tanpa Juara MotoGP 2018, Rossi Teringat Program Furusawa

Rossi dan Furusawa

ManiakMotor – Kondisi tim Yamaha MotoGP sekarang persis Valentino Rossi masuk 2004 di tim tersebut. Sebelum ada Rossi, Yamaha nggak ada kemenangan dalam waktu lama. Rossi masuk juga ada tokoh teknik muncul di Yamaha yang namanya Masao Furusawa. Dialah yang ‘menciptakan’ motor yang sesuai gaya Rossi ketika itu.

Rossi datang berstatus sebagai pembalap yang mantap. Tahu sendirilah, seperti apa dia di era itu. Akan tetapi ketika itu, Yamaha  tidak mempertahankan teknologi yang ada. Maksudnya, karena Rossi sudah jagoan, silakan pakai apa adanya.

Bukan begitu, “Justru Yamaha lewat Furusawa menawarkan program untuk mengubah seluruh dasar M1. Motor yang sangat berbeda dan dibuat sangat mendalam. Saat itu  berhasil,” papar Rossi usai dia babak belur di Aragon sejak latihan bebas. Hanya ke-8 di Aragon lalu, memperpanjang Yamaha tanpa juara 23 seri edisi 2017-2018.

Tujuan omongan The Doctor, seharusnya Yamaha saat ini melakukan hal sama seperti langkah-langkah yang dilakukan Furusawa. Bikin program motor yang lebih beradaptasi dengan kondisi terkini. Kondisi dengan elektronik tunggal dan kembali dengan ban Michelin. Begitu!!!

Sebab menurut Rossi dengan kondisi sekarang, harus ada tindakan yang ekstrem dari pabrik Yamaha. “Untuk keluar dari situasi ini harus melakukan sesuatu seperti Furusawa. Saya tidak berpikir ada masalah dengan pembalap, saya dan Vinales cepat dan sangat kuat,” tambah Rossi yang sudah mulai siap-siap menuju Thailand untuk melakukan ronde 15 MotoGP.

Furusawa sendiri pensiun dari MotoGP saat kempetisi masuk serial 2012. Artinya saat itu, Rossi sudah pindah ke Ducati. Furusawa disebut-sebut minta pensiun dini, lantaran Rossi juga sudah minggar dari Yamaha. MM

BACA JUGA

Masao Furusawa : Godfather-nya Yamaha YZR-M1

MotoGP 213 Furusawa Di Kubu Rossi Di Amrik, Hubungannya Dengan SSG M1..?