nhk

Setting Tekanan Ban Drag Bike, Bisa Dipakai Liaran..!

 

 

ManiakMotor – Ban belakang motor drag bike memang kempes. Bandingkan saja dengan tekanan angin ban belakang standar  pabrik berkisar 28 – 31 psi.  Sedang drag bike tekanan angin belakang bisa 14 psi.

Bisa di bawah itu jika kualitas pori-pori aspal jelek. Maklum juga, bukan untuk bocengan. Keperluannya pun, hanya 201 meter atau 402 meter. Tapi jarak yang terakhir ini jarang kedengaran lagi, lantaran lahan.

Prinsifnya tekanan ban rendah permukaan tapak ban makin banyak bersentuhan dengan aspal.  “Jelas saja traksinya makin bagus. Cuma itu yang bisa dilakukan, lantaran di Indonesia belum ada ban kompon sangat lunak untuk drag bike,” jelas Bagus Adrian yang sehari-hari bergelut dengan ban. Maklum dirinya menjabat Marketing Communication Manager di gerai Planet Ban, di kawasan Tole Iskandar, Depok.

Cara ini jangan ditiru di tunggangan harian. Tapi kalau dipakai di bali alias balap liar, ya biiiisa, dong.   Walau begitu, tekanannya jangan  sama rata, tergantung kondisi. Semakin buruk aspalnya, tetakanan akan turun. Begitu sebaliknya. Pula dipegaruh bobot joki, termasuk kekuatan korekan mesin dan kelas yang diikuti. 

Kelemahannya jelas ada. Semakin rendah psi-nya, butuh kekuatan mesin untuk menarik traksinya. Selain itu, pada kecepatan tinggi motor akan geol-geol. Makanya, jarang di drag bikebisa memecahkan rekor bila kondisi gripnya kurang yang memaksa psi ban jadi rendah.

Untuk mengetahui tekanan angin yang ideal, tiap joki harus peka. Misalnya harus diuji dengan bobot joki dan saat start tanpa sliding, saat berlari roda tidak memantul dan sebagainya.  “Awalnya saya tidak punya patokan ukuran, tapi setelah dapat setelan yang pas, tekananbelakang diukur dengan tire pressure gauge (alat pengukur ban) ketemu 12 – 14 psi. Ini rata-rata saya pakai pada ban IRC Eat My Dust,” kata Ayip yang sudah familiar dengan ban itu.

Asal tahu saja, bobot Ayip yang memperkuat Tomo Speed Shop itu hanya 39 kg. Nah, kalau sampeyan??? adit


TIPS LAIN:

Setting Karbu Drag Bike Ala Bowo Samsonet

Tips Performa; Cincin Kuningan, Pembalik Gas Buang

Jarum Rojok Spuyer Yang Presisi

Tips Standar, Setel Klep Yamaha Mio

Tips Roller CVT Gepeng, Ganti Dong..!


 

BAGIKAN