nhk

Sidrap Prix 2015 Night Race SP 150: Sonic 150R Vs Mx-King Vs FU! Pemenangnya?

 

 

ManiakMotor – Satu unit mobil udah dikendarai si Heriadi Arce. Pembalap tersebut  berbendera Hok’s feat MBKW2 juara umum di kelas seeded di Sidrap Prix 2015. Heriadi memang menguasai Sirkuit Bukit Mario, Sidrap, Sulsel pada 31 Desember yang berlangsung sampai 1 Januari 2016 dini hari. Maaf tulisannya baru nyampe, karena reporter juga ikut merayakan tahun baru dulu. Heriadi juga ditunjang motor yang dikorek mekanik papan atas.

Heriadi yang mengebut dengan Yamaha MX-King dan Jupiter Z1 itu mengumpulkan 41 point dari hasil SP1 atau underbone 150 cc dan SP2 atau Bebek 130 cc. Heriadi yang asli Poso, Sulteng itu memupus harapan Herman Bass (Honda Sidrap Racing) yang pakai Honda Sonic 150R dan Blade 130. Herman tertinggal 6 point.

“Memang sudah disiapkan dua unit MX King dan dua Z1 untuk main di musim 2016. Keduanya diorder ke Mlethiz dan Gendut (Widya Krida Laksana). Event ini sebagai uji cobanya,” bilang Hokky ‘Duck’ Kristanto yang memang ditunjuk Sidrap Racing Management (SRM) selaku manager tim yang dibela Heriadi.

Kemenangan Heriadi di Sidrap disambut dengan suka cita oleh Hariz Shakti Wibowo akrab disapa Mlethiz. Mengingat, MX King dan Z1 yang dipakai di Sidrap ini hanya disiapkan dalam waktu tiga minggu. Untuk Z1, brosist juga paham kalo Mlethiz telah punya data base dan terbukti ampuh. ”Untuk Z1 memang saya juara dengan ‘mudah’, tapi MX-King dapat perlawanan,” kata Heriadi yang musim lalu bergabung dengan Yamaha Makmur (Poso).

MX-King ini yang menarik dikulik, mengingat di kelas ini juga diikuti MX King karya Hawadis yang lebih duluan dikorek-korek. Ulasan teknis lebih lengkap, MX King dan Z1 karya Mlethiz pada tulisan berikutnya.

Di kelas SP1 ini juga tampil dominannya Sonic 150R yang dikebut  Herman Bass. Dari dua race yang disuguhkan di Sidrap, Sonic bernomor start 5 itu tanpa lawan. Dua kali podium pertama disikat. Bahkan, sejak sesi kualifikasi dan latihan bersama berhadiah pun Sonic korekan Ade Rahmat dari ART itu sudah mencuri perhatian.

Sinyal kuat ancaman serius bagi MX-King dan FU untuk musim depan. Pun begitu juga dengan Sonic di beberapa tim lain macam Honda Kawahara Sidrap IRC. Race 1, kalo saja Wahyu Widodo dan Dany Keder yang satu tim (Honda Kawahara Sidrap IRC) tak terlibat crash di lap 19 (total 20 lap) nyaris podium 1-3 milik Sonic. Wow!

Eit, tunggu dulu! Dari hasil investigasi dari tiga mekanik yakni Akiang (Honda OEI), Ade Rahmat (ART), Suhartono alias Kupret (Honda Kawahara) menyebut bahwa mesin yang dipakai adalah Honda CB150R. “Engine mountingnya sama, klop. Sonic sendiri masih tahap riset belum begitu sempurna, masih kalah 1.5 HP dan daya tahan engine pun belum teruji. Beda dengan CB150R, mesinnya sudah jadi. Kami memanfaatkan rangka Sonic,” sebut Kupret seraya menjelaskan Sonic masih terkendala dengan part racing.

Kupret juga menyebut hasil dyno Sonic dikisaran Sonic  22,5 HP, dan CB 150R 24 HP. “Power Sonic segitu masih masih menggunakan pasrt standart kecuali piston dan klep,” ujarnya.

Nah lo! Ardel     

BACA JUGA

Hasil Road Race Sidrapprix, Sidrap, Sulsel 31 Desember ’15 – 1 Januari 2016

Sidrap Prix 2015; Night Race Tahu Baru 2016, Dihadiri Pembalap Papan Atas Indonesia  

 

 

 

 

BAGIKAN