nhk

Sirkuit Assen, Selalu Menyimpan Misteri

 

World Superbike Seri 3, 21 April 2012

Belanda sudah dekat, Bung! Ini bukan soal perang kemerdekaan, tapi soal Seri ke-3 World Superbike yang bakal digelar di sirkuit Assen. Sikuit terletak 180 km dari Amsterdam ini dianggap banyak pembalap memiliki karakter menantang. Pasalnya ada beberapa chicane yang dipasang setelah trek lurus panjang. Sehingga, hanya motor dengan akselerasi cepat bakal banyak bicara di situ.

 

Selain trek yang tricky, keadaan cuaca di Belanda ini juga plin-plan.  Misalnya pada latihan bebas dan warm up lap, panas terik, pas balap tiba-tiba mendung dan hujan.  Dengan begitu, hasil lomba selalu menjadi misteri karena sulit memprediksi siapa bakal juara meski telah meraih pole position.

Carlos Checa (Althea Racing Ducati) boleh digdaya di seri sebelumnya di Imola dan menggulung Max Biaggi (Aprilia Racing). Tapi balap hari Sabtu (21 April 2012) itu belum tentu mereka dominan. Karena jika hujan turun, atau rintik-rintik aja, Marco Melandri (BMW S 1000R) bisa jadi melesat di depan. Atau Kawasaki dan Suzuki yang justru mencuri posisi. Maklum, tenaga motor yang pas-pasan, kadang malah andal di lintasan basah.

Seri ketiga Sabtu besok, layak disimak, mengingat  5 pembalap papan atas berselisih 35 point. Misteri selalu ada di Assen yang selalu jadi tuan rumah WSBK sejak 1992 ini.

 

 

 

BAGIKAN