nhk

Sirkuit Chang Buriram Thailand, Kata Kepala Kru Marquez & Dovi Mirip Sirkuit Ini…

ManiakMotor – Kepala kru bicara Chang International Circuit di Thailand. Ditangan mereka sebagian setelan motor ditentukan. Sirkuit yang ada di Buriram dan digunakan untuk ronde 15 MotoGP pada 7 Oktober 2018 ini, katanya mirip dengan tiga sirkuit sekaligus.

Bagi Santi Hernandez yang bereeokan kepala krunya Marc Marquez (Repsol Honda Team) itu, sektor pertama jenisnya seperti Red Bull Ring di Austria, “Tapi area kedua sangat mirip dengan Misano,” papar Hernandez yang berarti dia sudah punya gambaran untuk menyetel RC213V milik Marquez.

Masih kata Hernandez, dua trek lurus yang panjang setelah tikungan pertama sangat menggairahka. Di depan lintasan ini akan bergabung bersama dengan tikungan tusuk konde atau hairpin. “Sedang sektor selanjutnya terdiri dari tikungan-tikungan yang lebih teknis,” tambah Hernandez.

Beda lagi dengan Alberto Giribuola, kepala kru Andrea Dovizioso (Ducati Team). Dia setuju lay-out Chang mirip Austria: “Tapi ini cukup agresif. Sangat mudah melakukan kesalahan di sini. Ada pengereman yang sangat keras, bisa selalu terlewatkan titik pengereman yang pas. Tidak mudah, terutama di awal-awal balapan,” sebut Alberto di MotoGP.Com.

Dengan Alberto, akankah Ducati menjadi pabrikan yang sulit dikalahkan di Thailand. Kan sirkuitnya mirip trek yang mereka menangkan selama tiga tahun berturut-turut, Austria? Apalagi langkah maju pabrik Bologna itu, telah membuat tiga juara dari empat balapan sejak liburan musim panas.

Bila melihat hasil tes pra-musim di Thailand, Honda adalah penguasa di situ. Ducati yang bisterdekat dengan Honda malah Jack Miller (Alma Pramac Racing) yang terpaut 0,409 detik. “Tapi hasil test tidak bisa jadi pegangan dengan perkembangan motor sejak test Februari lalu,” wanti Hernandez. Miolo

BAGIKAN