nhk

Modifikasi Suzuki Skydrive, Pelek Gambot Ban Jumbo

 

 

 

 

ManiakMotorModal las titik (CO) berkekuatan 1 ton, berani geser mundur lengan ayun matik. Konsepnya dipermak moga-moga gede (Big Matic). Pelek gambot lebar 5 inci dan ban jumbo leluasa diatur di situ. Aman  walau mengayun bersama roda, bodi dan pengendaranya. Tanpa itu jangan coba, braaak, patah tuh rangka. Kecuali tujuannya hanya untuk pajangan dan jangan pernah diajak jalan.

Bahan yang ditebas dan dilas adalah Suzuki Skydrive 125 cc. Standar motor ini diklaim ATPM Suzuki Indonesia, terinspirasi  dari GSX-R 650 cc. Tetapi dengan roda-roda mungil itu, namanya hanya khayalan. Sebatas inspirasi sama dengan mimpi kaleee! “Postur dan rangka Skydrive memungkinkan. Jika Mio dan BeATdibikin konsep Big Matic, rangka dan lengan ayun akan jadi korban,” jelas Topo dari Tauco Custom Bilder yang coba teruskan mimpi Suzuki Indonesia jadi nyata.   

Mutu pengelasan  jaminan pipa diameter ¼ inci yang panjangnya 250 mm, berfungsi   sebagai jembatan. Kan pipa dekat penghubung rangka di bawah dek, mesin dan pipa pemegang lengan ayun ditebas. Ini yang dirangkai ulang. Itu kunci untuk melebarkan sumbu roda matik. Jangan lihat hasil akhirnya, tanpa tahu awalnya.

Tidak mungkin setelah dipotong lalu diikat kawat.  Hehehe. CO sebagai las titik yang sengatannya bikin matang semua metal. Kecuali penyanyi metal macam Slank dan Metallica yang gak pernah disengatnya. Urat-urat pengelasannya halus dan muyus. Rangkaian pipa yang akhirnya berbentuk segi empat itu, bagian atasnya diberi pelat galvanis.

Topo sudah punya langganan ahli las dan ahli bubut yang jempol. Katanya, dia tidak perlu cerewet menjelaskan ini dan itu. Pantas, masih kurang alus. “Hihi… yang benar? Payah ini anak buah, asal las aja,” omel Topo yang bernama lengkap Topo Goedel Atmodjo yang tidak pakai raden itu yang rumah modifikasinya di selatan Jakarta.

Pengelasan sistem CO struktur metalurgi pipa penyambung dan pipa asli motor tetap utuh. Tidak memuai, apalagi bengkok. Kan las titik. Area yang dilas tidak sempat membara. Makanya roda belakang yang menjauh lebih gampang disetel ulang pada titik tengah (center) bukan senter penerang yang dibawa hansip. Karena itu tadi, rangkanya lurus.

Maka, tanpa mengikis, memahat dan menggerinda lengan ayun, roda gambot bisa terpasang seperti yu lihat di foto. Pemodif ikut membantu dengan pelek mobil racikan sendiri yang juga mengandalkan las titik (pelek ini nanti diulas tersendiri). Maksudnya, peleknya yang menyesuaikan, agar roda benar-benar di tengah. “Walau jaraknya hanya selebar tusuk gigi, ban tidak bakal menggesek lengan ayun,” jamin Topo yang punya Tauco.

Percoyo..? Don Miolo


BERITA TERKAIT:
Yamaha Vixion, Chopper Jarang Di Darat
Modif Matik Edan-Edanan..!!!
Modifikasi Sehat, Honda New Megapro 2011 
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
Modifikasi Vixion, Beda Buntut Dan Muka
Modifikasi Honda Dream 305 1972, Nyali CR
Modofikasi Ninja 250, Pelek Hayabusa Limited
Modifikasi Yamaha Scorpio, 6 Kg Serat Kaca
Modifikasi Honda CBR250, Always Number One
Modifikasi Yamaha Virago, Image Street
 
 

Spek Modif

 

Ban depan : Swalow 120/70-14

Ban belakang              : Corsa 150/60

Pelek depan                 : Custom lingkar 14 inci, lebar 3 inci

Pelek belakang            : Custom lingkar 14 inci, lebar 5 inci

Sokbreker depan         : Limbah matik 350 cc, Singapura

As komstir                   : Limbah

Segitigas                      : Limbah

Pijakan kaki                  : Custom

Setang                          : Custom

Karbu                           : Standar

Saringan udara           : Variasi

Knalpot                        : By Tauco Custom Builder

Pemodif                        : Tauco Custom Builder 

                              Jl. Kebagusan Raya No.99,  Jakarsa, Jaksel

                                        HP 08568380209

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353