Sokbreker Sebelah Kiri Yamaha LEXi LX 155 2024, Emang Kuat?

Maniakmotor – Motor matic Yamaha LEXi LX 155 2024 dengan sokbreker belakangnya yang hanya sebelah kiri menjadi buah bibir. Emangnya kuat ya, padahal kan mesinnya 155CC?

Namun, yang namanya teknologi dari pabrikan pasti ada alasan menarik di balik desain ini.

Bukan sekedar mencari gaya, seperti membeli part variasi KW. Dengan motor matic lainnya yang umumnya menggunakan sokbreker ganda, LEXi mempertahankan konsep satu sokbreker dengan berat yang lebih ringan, hanya 116 kg.

Menurut Minoru Morimoto, President Director PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), keputusan ini diambil karena bobot ringan LEXi memberikan kesan gesit dan kemudahan dalam berkendara di lingkungan perkotaan yang padat. Motor ini memang menjadi yang paling ringan di kelas Maxi Series Yamaha, mengungguli bobot Aerox 155 dan NMAX.

Bukan hanya masalah bobot, desain asimetris rangka motor juga berperan dalam menjaga stabilitas. Dengan menggunakan swing arm dan menciptakan perbedaan ukuran serta ketebalan di setiap sisi rangka, Yamaha memastikan motor tetap seimbang saat dikendarai, terutama pada kecepatan tinggi.

Agung Sudrajat, Team Coordinator Yamaha Institute, menjelaskan bahwa perbedaan ukuran rangka, seperti yang terlihat pada Yamaha Grand Filano Hybrid Connected, memiliki tujuan tertentu agar motor tetap stabil. Dengan merinci dimensi sebelah kanan dan kiri, Yamaha mengoptimalkan posisi mesin, tangki, dan elemen lainnya untuk mencapai keseimbangan yang diinginkan.

Jadi, meskipun sokbreker sebelah kiri mungkin tampak unik, Yamaha LEXi LX 155 2024 membuktikan bahwa desain ini memiliki kelebihan dalam hal bobot ringan dan stabilitas, menjadikannya pilihan yang cerdas untuk para pengendara perkotaan yang dinamis.