nhk

Sonic 150R Jadi 300 cc Tryto? Lihat Video-nya 500 Meter Di Sera, Mantap Jiwa

Sonic 300 Tryto-c

 

ManiakMotor – Bahan bakar masuk ke ruang bakar pada saat kem in membuka 23o  dan menutup 49o. Sedang buang 29o dan menutup 56o. Itu sama saja, kalau hitung-hitungan, kem masuk 252o dan kem buang 265o.

Khusus buat Sera

Speksifikasi korek mengorek kem tersebut memang dibidik untuk jarak 500 meter di trek lurus. Jarak begini hanya ada di kegiatan SERA di Sentul Besar. Ada juga sih di luar itu, tapi malam-malam untuk melawan jadi-jadian. Namanya juga malam-malam bro. Nah kamu sendiri tahu deh. “Basisnya Honda Sonic 150R yang aslinya injeksi. Skarang pakai karbu FCR 41 mm,” sebut Mas Tryto dari Tryto Projec di Utan Kayu, Jakarta Pusat.

Karena sudah pakai karbu, otomatis kepala silinder juga mengikuti sampai ke intake. Maksudnya itu karbu langsung boleh terpakai. Pilihannya kepala silinder Honda CBR150 lama. Head inilah yang diisi kem pada pengantar cerita tadi. Coba balik lagi pada alenea pertama dan cerita ini masih terus digeber sampai rpm-nya tinggi khas jarak 500 meter.

Semua mantap sih

Untuk jarak segitu rpm kudu bisa lebih tinggi, agar nggak ngos-ngosan. Untuk itu perbandingan kompresi cukup 13.9:1  yang beda dengan jarak 201 meter yang bisa sentuh 15:1. Itu tadi, agar power band didorong terus oleh putaran mesin. Motor tetap meluncur seperti videonya di sini pokoknya mantap jiwa deh saat di Sentul Besar. Tepatnya pada kegiatan SERA.

Apalagi ini motor sudah 300 cc, volumenya dua kali lipat dari standar yang kamu tahu soal Sonic 150R. Diameter pistonnya saja 74 mm yang sudah sama dengan piston mobil. Langkah atau stroke 70 mm. Hitung saja isinya. Mudah kan…

Silindernya akal-akalan habis. Diakali dengan cara ganjal, agar langkah piston boleh gebuk bahan bakar ke diding (dome) terhadap head. Lihat saja sendiri sudah sulit ditebak basis silindernya sendiri. Akhir kata, bukannya menatang lawan, tapi memang dipersiapkan untuk SERA. Tahu sendiri di SERA, kerap ada isinya kalau dilepas. MM

DATA LAIN

  • Knalpot: Thailand
  • Diameter klep masuk: 31 mm
  • Diameter klep buang: 26 mm
  • Lift kem: 8.5 mm
  • Gir depan: 17
  • Gir belakang: 27
  • Rasio gigi 1. 15:35
  1. 20:29
  2. 23:27
  3. Std
  4. Std                                              
  • Pelek: Jari-jari
  • Rangka: Thailand
BAGIKAN