nhk

Special Engine SND Dari 50 cc – 125 cc 2T, Pembibitan Motocross Terjangkau

Special Endine SND

ManiakMotor – Mesin, pengapian, sasis sampai kaki-kaki persis special engine (SE) KTM buatan Austria yang two stroke. Tapi yang ini mereknya dari SND alias Sandy Agung dari Bandung, Jawa Barat. Ya ingat saja SND mereka jualan trail yang recommended untuk garuk tanah.

“Kualitasnya memang sama dengan SE KTM yang 2T. Jelas karena merek Indonesia, harga Indonesia,” papar Sandy Agung yang punya SND. SND bukan hanya menjual suku cadang racing dan aparel yang bermutu, sekarang jualan motor juga brosist. Namun yang dijual ada hubungannya dengan kegiatan racing Indonesia.

Sandy Agung yang punya SND. Coba langsung adventure dan trabas yang berkapasitas 105 cc

Disebut kualitasnya sama, karena mesin 2T-nya mampu melambungkan rpm dengan limiter yang sama dengan SE KTM. Bisa bermain 14.000 rpm. Kan dibilang tadi, sama mutunya dengan KTM tipe SX yang 2T atau Yamaha YZ yang versi 2T untuk profesional motocross. Torsi dan rpmnya tersedia untuk mengambil dengan singkat double jump dan sebagainya rintangan di motocross.

Menurut Sandy Agung ada empat variant yang dijualnya. Yakni kapasitas 50 cc, 85 cc, 105 cc, 125 cc dan 150 cc. Ingat ya, itu semua merek SND yang sudah terdaftar di AISI dan negara yang berkaitan dengan merek atau HKI. “Tapi ini kan untuk racing offroad. Jadi  tidak sama dengan penjualan motor yang memiliki STNK,” tambah Sandy dengan sumringah.

Mulai dulu dari 50 cc yang semuanya bertrasnmisi otomatis namun dari girboks menggunakan media rantai. Ada tiga harga yang ditawarkan yang pasti jauh lebih murah dari KTM SX50 yang mencapai Rp 60 juta.

Merek SND antara Rp 9.5 – 13 juta. Yang Rp 9.5 juta masih menggunakan pendingin udara yang tipenya SND TMX 50M. SND TMX 50M masing menggunakan lingkar roda depan dan belakang 10 inci. Namun mesin sama dengan harga yang lebih tinggi. Sedang yang harga Rp 10 juta yang tipe SND TMX 50 1M juga masih berpendingan udara. Hanya saja lingkar roda depan 12 inci dan belakang 10 inci.

Lalu yang harganya Rp 13 juta berpendingin cairan atau water coled dengan lingkar roda 10 inci belakang dan 12 inci depan. Biasanya tipe ini sudah mulai dikebut anak 8 – 9 tahun dan mulai melakukan aksi jumping. Jangan khawatir, mutunya persis KTM tadi yang memang diperuntukan untuk itu.

Dengan harga-harga tersebut artinya pembibitan sejak dini balap motor Indonesia semakin terjangkau. Kan biasanya pembibitan dimulai dari motocross. Tadinya masih pakai KTM yang asoy harganya tersebut, “Selanjutnya akan dibikin kelas khusus SE SND di kelas-kelas pembibitan di setiap event motocross di Indonesia. Menyusul juga kejuaraannya yang didaftarkan di PP IMI,” tegas Sandy Agung yang motornya boleh diklik di IG @sandyagung_snd.

Tulisan selanjutnya pada SE SND yang kapasitasnya lebih tinggi. Ternasuk spesifikasi mesin yang setara dengan SE bermerk lainnya. Seperti 50 cc ini mesinnya memiliki torsi 7 Nm pada 11.000 rpm. Luar biasa tuh. Lha motor matic kamu saja paling tinggi limiter 9.000 rpm. MM

Ini SE SND 50 cc yang harganya Rp 9.5 juta
SND 50 cc tim 1M masih pendingin udara tapi roda depan 12 inci. Harga Rp 10 juta

 

SE SND 50 cc tipe W atau tertingg menggunakan pendingin radiator. Harga Rp 13 juta
BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353