nhk

Spitfire, Ramping Tapi Gagah, Harga Di atas Rp100 Juta, Ini Yang Bikin Mahal!

Spitfire, CCM, Inggris

ManiakMotor – Ketika berlangsung pameran London Bike Show di Inggris, pekan lalu, mata pengunjung tertuju pada Spitfire. Ini bukan pesawat tempur, tapi  sepeda motor karya CCM Motorcycles asal Negeri Ratu Elizabeth. Produksinya sangat, sangat terbatas dan menggendong mesin yang berbeda. Dilaporkan, hanya dua unit jantung pacu dengan kapasitas yang berbeda.

Spitfire, CCM, Inggris, sportbike
Simpel, hanya jok dari kulit. Kerangka kecil tapi kuat

CCM Motorcycles bukan rumah modifikasi, tapi perusahaan yang ‘merebuilt’ kendaraan, bisa motor maupun mobil, berdasarkan order. Entah itu dari pemerintah maupun swasta. Terkadang mereka juga membuat sepeda motor, meski dalam jumlah terbatas alias limited. Termasuk, Spitfire ini.

Spitfire,CCM, Inggris, Ted Unwun
Suspensi monoshock tidak bikin bagian belakang ramai

Dari segi estetika, tampilan Spitfire mengesankan ‘ringkih’ karena menggunakan pipa yang kecil sebagai kerangkanya. Begitu juga dengan lengan ayun (swingarm) ganda, kendati diameternya lebih besar, tapi tidak dijelaskan. Apa tidak takut patah atau melintir?

Apalagi Spitfire menggendong mesin satu silinder berkapasitas 600 cc. Dari tampilan sih kecil, tapi tenaganya 55PS. Ada juga mesin lainnya, GP450 Adventure kapasitas 450 cc 4-Tak satu silinder yang levelnya untuk kompetisi.

Ted Unwin, sang perancang bersama tim CCM Motorcycles di bawah komando Alan Clews, tentu sudah memikirkan hal itu. Terlebih desainnya itu merujuk kembali pada kendaraan era-1970an.

Spitfire, CCM, Inggris
Kerangka dari Baja karbon T45 dibentuk dikerjakan tangan

Agar kerangka tidak melintir dipakai baja karbon T45. Pembentukannya tidak mengandalkan mesin, tapi dikerjakan dengan tangan. Bahan ini digunakan dalam pesawat tempur Spitfire dan Hurricane. Trus, komponennya billited. Kecuali jok merupakan kerajinan tangan. Pantes lah harga per unitnya 7.995 poundsterling atau setara Rp 133 juta, masih lebih mahal dari mobil murah (LCGC), bro! Maliq

BAGIKAN