Sporty namun Nyaman untuk Daily: Agresifnya Suzuki GSX-8R yang akan Rilis Januari Ini!

Maniak Motor — Resmi di 25 Januari 2024 Suzuki akan merilis motor sporty dengan model full-fairing yakni Suzuki GXR-8R di Jepang. Hal ini seiring dengan pertama kalinya rilisan terbaru dari Suzuki ini diperkenalkan ke publik di EICMA 2023.

Suzuki GXR-8R ini memiliki kapasitas 775 cc, hadir dengan desain yang sporty namun tetap nyaman untuk pemakaian sehari-hari. Nilai plusnya ini terletak pada riding position yang memperhatikan kenyamanan pengguna; posisi setang cukup tinggi sehingga rider tidak perlu nunduk pegal.

Permukan fairing yang lebih kecil bila dikomparasikan dengan motor supersport di kelasnya, membuat mesin dari Suzuki GXR-8R ini lebih terekspos. Menarik bukan?

Motor ini diinformasikan akan tersedia dalam 3 warna, di antaranya ialah Metallic Triton Blue, Metallic Mat Sword Silver, dan Metallic Mat Black No.2. Suzuki GXR-8R ini dilengkapi desain yang cukup bold yakni bisa dilihat dari lekukan tegas di sebagian besar body, depan hingga belakang.

Meski demikian, tak banyak perubahan tampilan yang signifikan dari Suzuki GXR-8R ini dengan rilisan sebelumnya. Rangka yang menonjol dan Full Fairing dari motor ini merepresentasikan keagresifan dari Suzuki. Pun juga dengan lampu LED depan yang bertumpuk, bisa dibilang sebagai tren tersendiri dari pabrikan Suzuki.

Bicara performa, Suzuki GXR-8R ini menggunakan mesin 2-silinder parallel DOHC 4-klep pendingin cairan berkubikasi 775 cc. Dengan poros engkol 270 derajat dan sistem balancer, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 daya kuda pada 8.500 rpm, serta torsi mencapai 78 Nm pada 6.800 rpm dengan performa yang impresif.

Transmisi 6 percepatan yang dimiliki Suzuki GXR-8R ini, dilengkapi assist clutch dan Suzuki Clutch Assist System (SCAS), membuat perpindahan gigi lebih mudah. Tidak hanya itu, teknologi canggih seperti Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) turut menyediakan sistem bantuan pengendaraan elektronik.

Suzuki GXR-8R Menghadirkan performa tangguh, kaki-kaki dibekali dengan produk Showa yang tak diragukan, suspensi depannya mengusung model upside down SFF-BP, sementara suspensi belakangnya dilengkapi monoshock dengan 7 setelan preload untuk kenyamanan dan kestabilan maksimal.

Mari bestie tunggu kabar resmi rilis dari Suzuki GXR-8R ini beberapa hari lagi yang akan dipasarkan di Jepang. Kabarnya, dibandrol dengan estimasi harga 1.144.000 Yen atau setara dengan Rp 120,8 Juta. (Perhitungan berdasarkan konversi mata uang per 21 Januari 2024).

D1V4