nhk

SSS NHK RCB MotoPrix Purwokerto 2018: Race MP2, Z1 Syamsul Arifin Juara, Sekaligus Runner-UP Klasemen

ManiakMotor – Tim Yamaha Yamalube Oryza IRC di tahun pertama dengan Yamaha langsung kinclong. Di IRS mereka mantap, di MotoPrix boleh jempol dikasih ke mereka. Macam di ronde akhir SSS NHK RCB MotoPrix Jawa di Gor Satria Purwokerto, Jateng pada Minggu (28/10-2018) pembalapnya di MP2 (Bebek TU 4T 125 Seeded) juara.

Dari nama timnya tentu si Syamsul menggunakan bebek Yamaha Z1. Syamsul keluar sebagai juara dengan bertempur keras bersama Rusman Fadhil (Yamaha Armada NHK) di sirkuit sepanjang 1 km tersebut, “Dengan juara ini, saya juga jadi runner-up klasemen MP Jawa,” senyum Syamsul yang biasa dipanggil Pipin yang awal karirnya dari motocross.

Seperti diketahui, kelas MP2 Jawa sebelum Purwokerto sudah ketahuan juara klasemennya, yakni Wilman Hammer (Yamaha Bahtera SSS NHK). Pointnya sudah tak mungkin terkejar, walau di race ini, Hammer hanya ke-6. Nggak ngaruh. Juara sudah terbang ke Yamaha.

Kembali ke-Z1 si Pipin yang direkayasa oleh Bima Aditya. Itu loh, mantan pembalap era lama yang beralih jadi tunner. Bima sangat tahu mengorek mesin yang efisien pada trek dadakan. Tentu saja sebagai pembalap, dia tahu karakter motor yang diberikan pada Pipin.

Seperti kata Bima, percuma tenaga besar seperti 27 HP, bila nggak bisa kepakai pada sudut-sudut sirkuit. Apalagi Purwokerto adalah trek dadakan, “Harus cerdik mengatur tenaganya. Terutama tahu AFR yang pas buat mesin, walau AFR itu untuk kering dan basah,” kata Bima yang sedang meriset busi Brisk. MM

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Purwokerto, Jateng 27 – 28 Oktober 2018

BAGIKAN