nhk

Sss..tttt!! Yamaha R15 Tahun Depan Pakai VVA, Nih Kelebihannya, Diuji di Indonesia

Yamaha, R15, Teknologi VVA, Indonesia, India
Ini dia perkiaraan sosok R15 V3.0 versi rendering

ManiakMotor – Portal ini pernah menaikkan berita Yamaha MX King (Exciter) pakai teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Trus, dari situs di Vietnam ada bocoran lagi dari situs di Vietnam, produsen garputala itu akan menyisipkan teknologi tersebut pada Yamaha R15 v3.0 (dengan kode Yamaha BG7). Kepastian itu diisyaratkan oleh Yasuo Ishihara selaku Managing Director Yamaha Motor Research & Development India.

Ishihara mengatakan, “R15 akan lebih baik di iterasi berikutnya. Bagaimana pun, belum ada rincian bisa dibagikan seperti apa spesifikasinya. Pastinya, step-up dari generasi sebelumnya di semua aspek performa dan keamanan.”

Yamaha, R15, VVA, teknologi, India, Indonesia
Yamaha R15 V2.0 Gen.II. Model terbaru nanti ada perubahan pada eksterior

Bocoran dari situs Vietnam itu menyebutkan bahwa R15 generasi ketiga nanti sedang dalam pengembangan di Jepang dan saat ini diduga lagi diuji di Indonesia. Dari rendering, R15 akan menjalani desain ulang. Semuanya baru untuk fitur eksterior yang jauh lebih agresif.

Lantas apa beda R15 Gen.III dengan Gen.II? Pada Gen.II (R15 V2.0 yang meluncur 2011, sedang Gen.I pada 2008) dibekali mesin 149.9 cc berpendingin cairan dengan

Yamaha, R15, Teknologi VVA, India, yamaha
Dengan teknologi VVA, tenaga bawah dan atas sangat responsif

menghasilkan tenaga maksimum 16,76 HP dan torsi 15Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 6-speeed.Nah, untuk Gen.III dengan kapasitas mesin sama, tapi tenaga dan putaran mesin sedikit lebih tinggi.

Teknologi VVA sudah dipakai pertama kali pada NVX 155 kalo di Indonesia bernama Nmax. Peran dari VVA membantu dalam menambah fleksibilitas untuk valve train. Jadi, nanti pada R15 dengan mesin SOHC, akselerasi pada putaran rendah dan tinggi tetap ganas. Trus, VVA juga akan membantu mengembalikan respon gas lebih tajam, menolong mesin mengembangkan torsi sesuai kebutuhan dan kontrolnya ada dipergalangan tangan pengendara.

Singkatnya, R15 baru nanti tidak bisa diajak pelan dan harus dikebut. Konon, sistem pengurang laju sudah dilengkapi dengan ABS sebagai standar di India dan Combined Braking System (CBS).

Di India sendiri, R15 V3.0 akan dipasarkan paling cepat April 2017. Mungkin di Indonesia bisa lebih dulu atau meluncurnya setelah India. mari, kita tunggu. Maliq

 

BAGIKAN