nhk

Stoner Menentang Banyak Regulasi, Larang Winglet dan Elektronik! Adu Pembalap, Bukan Uang!

Maniakmotor – Dalam konferensi pers di spesial di Misano kemarin, Stoner sebenarnya sudah mengeluarkan unek – uneknya. Ia melihat winglet atau sayap yang berfungsi untuk lebih menekan motor ke permukaan tanah harus dihapus. Begitupun dengan permainan elektronik motor yang semakin canggih, mencegah pembalap mudah terjatuh

Kali ini doski buka suara kembali dan menakankan lebih mendetail. “Dengan dihapuskannya winglet, maka pembalap akan lebih mudah untuk melayang, mudah membuat kesalahan, dan lebih berjuang untuk menemukan pegangan, mereka harus berlatih lebih keras. Juaranya adalah mereka yang benar – benar kuat.” Tukas Stoner sembari mengingat dirinya di MotoGP dulu.

Stoner Membawa Hingga ‘batas’ Motor

“Dengan begitu, pemilihan ban akan lebih diperhatikan seperti dahulu. Bila ini terjadi, para pembalap akan lebih mudah menyalip rivalnya. Olahraga ini akan tetap seru, dan tidak hanya menyalip di pengereman seperti saat ini.” Tambahnya yang ingin memiliki suara di regulasi motor.

Menurutnya, MotoGP harus hati – hati agar tidak menjadi seperti F1. “Ada elemen yang tidak boleh ada, dan itu bukan masalah keselamatan. Namun, untuk tetap membuat persaingan di antara pembalap, bukan antar teknologi, dan siapa yang mengeluarkan biaya paling besar layaknya di Formula 1.” Jelasnya, yang tetap ingin menyaksikan MotoGP yang seru.

Selain itu ia turut mengkritik cat hijau pengganti rumput di pinggir lapangan saat ini. “Dengan rerumputan anda harus mengendalikan diri, sekarang orang sudah lebih tidak takut. Lintasan sudah tidak ada batas lagi, kendati mereka akan dapat hukuman. Itu pun ketika sudah 3 kali menginjak.” Terang dirinya.

Yang terakhir adalah masalah kesalamatan, dan peraturan baru tentang batas umur 18 tahun untuk mengikuti kejuaraan dunia. “Bukan itu masalahnya, namun kita harus lebih meningkatkan rasa hormat. Karena masih banyak tuh, pembalap tua yang juga melakukan hal konyol. Saya yakin hukuman saat ini juga tidak keras dan terkadang terlihat memihak.” Buka Stoner dengan blak – blakan menunjuk FIM, dan Dorna.

Walau baru – baru ini terlihat kembali di MotoGP itu, bila doski berhasil dapat tempat di kepanitiaan Dorna. Bisa jadi banyak perubahan besar menarik di MotoGP di masa depan.

Raider