nhk

Suara Mesin Dan Knalpot, Penentu All New Honda CBR250RR Di Pasar

ManiakMotor –  Honda CBR250R yang lama diganti dengan yang baru, karena silinder tunggal, lalu muncul All New Honda CBR250RR yang dua silinder. Tapi bukan masalah dua silindernya dengan suspensi up side down, lalu beres. Ada satu lagi penentu di pasar, pak! Yakni suara dari karakter mesin yang diteruskan knalpot.

Ternyata sama dengan pernyataan para petinggi Astra Honda Motor (AHM), bahwa suara ini sudah dipikir lebih awal, saat mengeluarkan CBR250RR.  “Lihat saja knalpotnya yang dua keluaran atau dual exhaust system,” kata Tishiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM yang sangat mengerti spesifikasi CBR250RR saat peluncurannya 25 Juli 2016 lalu di Jakarta.    

Sensasi suara khas seperti moge yang stereo yang dicari. Berhubung yang terjangkau harganya ‘anak moge’ bermesin 250 cc, sound itu sikit-sikitlah ada di mesin line-up ini.  Yang 250 cukup stereo, sebab moge yang 600 cc ke atas masa kini sudah dolby stereo atau malah dolby surround  yang macam audio 7.1, hehe. Pokoknya suaranya nyambung.

Dengan waktu pengapiannya yang berbeda antar silinder, letupan setiap silinder tidak akan bersamaan. Hasilnya adalah suara yang merdu buat penggemar suara mesin. Apalagi sudah diantar oleh knalpot yang setiap leher atau header-nya yang pasti tidak akan menghasilkan suara satu nada. Hasil akhirnya suara yang susul menyusul. Nggak peduli itu knalpot hanya berakhir satu keluaran.

Hal itu nggak mungkin tercapai pada mesin satu sliinder misalnya CBR250R yang lama. Begitu bro yang bikin CBR250R harus diganti. Sebab, diutak-atik seperti apa pun, suara CBR25R tetap mirip-mirip dengan Honda Tiger, padahal harganya timpang kalee.

Brian TMC yang beralamat di Cinere, katanya karena suara mirip-mirip moge walau nggak bangat, dia tertarik membeli sport  250 cc. Tentu yang dijual di Indonesia Kawasaki  Ninja 250 dan Yamaha R25. “CBR250RR juga akan ditunggu suaranya, boleh dicoba kalau menawarkan lebih enak di telinga dan dada. Suaranya adalah salah satu gengsi naik motor 250 cc,” sebut Brian sembari mengelus motor 250 cc yang katanya sudah unit ketiga di tangannya, yang dua lainnya dijual karena umur.

Saat CBR250RR dihidupkan, memang out-putnya yang paling kentara dari knalpotnya. Karena knalpotnya sendiri sistemnya 2-1-2. Maksudnya masing-masing pipa dari leher  dua silinder lalu menyatu  dan berakhir dua lagi. Ya disebut  dual exhaust system. Ini semata soal suara yang jadi topik cerita ini, ya juga penentu di pasar. Itu tadi, suara stereo bukan semata ditentukan knalpot, tapi memang dari karakter mesinnya. MM/Ito

BACA JUGA

Produk Baru : All New Honda CBR250RR Akan Ada Versi Model Lain

Honda All New CBR250RR Dua Silinder: Torsi Dan Tenaga Nggak Jauh Dari Musuh, Sport Bike Sejati

All New Honda CBR 250RR Adanya Di Wing Dealer

Produk Baru : Harga All New Honda CBR250RR Belum Fix, Ini Ancar-ancarnya

Produk Baru: Honda CBR250RR, Kolaborasi Anak Bangsa-Jepang, Lahir

BAGIKAN