nhk

Sudarmono Jajal Jupiter Z1 Injeksi Di Jepang, Ya Buat IndoPrix..!

 


ManiakMotor – Yamaha Motor Indonesia mewajibkan Yamaha All New Jupiter Z1 harus dipakai balap tahun depan.  Untuk itu, divisi racing Yamaha membagi dua kategori. Versi injeksi dikerjakan di Yamaha Jepang sono.  

Sedang versi karburator diserahkan pada mekanik Indonesia. Gerak cepat rupanya.  

Nah itu, yang injeksi ini dicoba Sudarmono saat bersamaan dengan Asia Road Racing Championship di sirkuit Autopolis, 7 – 9 September 2012. Di sela-sela balapan itu, Sudarmono menguji Jupiter Z1 yang murni direkayasa Yamaha Jepang. Tempatnya entah di mana? Rahasia…

Ditenggarai, performa Sudarmono melorot menggeber Supersports 600 cc di ARRC gara-gara kelelahan mentesting  Jupiter Z1. Sudarmono ke ARRC atas nama Yamaha Yamalube KYT ASH yang berlaga di 600 cc. Sedang di IndoPrix, doski memperkuat Yamaha Yamalube Trijaya. Di PON dia membala Jogjakarta.

Kabar terkini soal injeksi itu masih dirahasiakan. Kendati portal ini sudah mengendap-ngendap lewat bbm menelusurinya. Tapi semua tutup mulut, eh, maksudnya menahan jari untuk mengetik yang sebenarnya. “Jangan bilang-bilang saya yang bilang ya,” kata si Bilang yang memang nggak mau dibilang namanya.

Yang jelas Yamaha Racing di Jepang, meminta Rp 6 miliar untuk proyek injeksi agar maksimal tahun depan. Maklum, musuhnya Honda Astra Motor sudah mulai menemukan yang namanya injeksi.  “Sekarang sudah 60 persen. Diperkirakan tahun depan, bisa 80 persen,” sebut Ade yang otaknya banyak dipasangi kabel sensor. Kan dia ahlinya injeksi di tim Astra Motor Racing.

Dengar-dengar injeksi baru Yamaha akan turun di IP1 alias underbone 125 cc. Sedang untuk 110 cc semuanya masih karburator atau masih pakai Jupiter Z lama.  Tapi bagi tim yang mau pakai  125 cc boleh saja pakai karbu. Malah Jupiter Z1 karbu  ini akan dicoba di seri 4 IP di Kenjeran pada akhir bulan September yang ceria. Motor ini datang dari Bandung.

Demikian dulu isu yang pasti. Ito   

BERITA TERKAIT:

Yamaha All New Jupiter Z1, Dirancang Di Terowongan Angin

HRC Solo, Honda Injeksi Progress 50%

IndoPrix, Progres Injeksi Blade Meningkat

BAGIKAN