nhk

Superbike 2017: Ducati Siapkan Mesin V4, Tetap Dengan Panigale ato Model Lain

Ducati, Panigale, V4
Ganti mesin, tentu gati model pula. Ini konsep Panigale dengan mesin V4

ManiakMotor – Saat peluncuran tim motogp, CEO Ducati Claudio Domenicalli membenarkan rumor yang menggema dua tahun terakhir bahwa pabrikan Italia itu akan mengandalkan mesin V4 untuk superbikenya. Mesin ini, katanya, pengembangannya dilakukan oleh tim motogp dari basis mesin 1.000 cc 90 derajat V4.

Perkembangan mesin yang dibuat di motogp, bilang Domenicalli sungguh luar biasa. “Kami punya mesin sangat handal, sangat ringan, kompak, dan banyak teknologi menarik. Kami serius memperkenalkannya kepada pelanggan bahwa ini merupakan karya para insinyur,” tandas Domenicalli.

Ducati, Panigale, V4
Mesin V4 Ducati

Tapi, jika ingin diperdagangkan, lanjutnya harus dengan harga premium alias mahal. “Itu tidak akan jadi sepeda motor eksotis seperti Desmosedici, lebih memungkinkan untuk high-end sportbike,” tegasnya.

Beberapa sumber dalam membocorkan kalo mesin itu akan dipasang pada model 2018. Pastinya juga, akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Karena, bila Ducati jadi memakai mesin baru itu harus sesuai dengan homologasi FIM, terjual dalam jumlah terbatas. Jadi, ketika dikonfirmasi kembali pada Domenicalli bahwa Ducati baru nanti untuk kejuaraan dunia, dijawab, “Ya”.

Superike V4 Ducati menggantikan Panigale R yang sekarang dibesut Chaz Davies. Memang, pada lintasan yang kuat dengan stop & go, Ducati kalah cepat sama Kawasaki. Terkecuali di trek bernapas cepat, Davies begitu garang libas duo Kawak ditunggang Jonathan Rea dan Sykes.

Kapan mesin baru itu akan dibalapkan? Sumber dari media online ini mengabarkan tahun ini juga. Tapi, ketika pameran EICMA di Milan, belum tentu sampai 2019. Karena, untuk pengembangan Ducati akan memanfaatkan event nasional dulu. Terlebih Direktur Sport Ducati paolo Ciabatti sudah dengan tegas mengatakan, “Panigale masih dilombakan pada 2017 dan 2018,” ujarnya. Maliq

BAGIKAN