nhk

Superbike 2017 Prancis : Jonathan Rea Juara Dunia, Pindah Ke MotoGP?

Rea, Juara dunia, superbike

ManiakMotor – Jonathan Rea memastikan diri juara dunia superbike 2017 setelah ia memenangkan balapan 1 di sirkuit Magny-Cours, Prancis, kemarin (23/9). Dengan modal 456 angka, pembalap Inggris ini sudah tidak mungkin dapat dikejar oleh pesaing utamanya Chaz Davies. Karena pembalap Ducati itu tertinggal sampai 129 angka, sedang sisa balapan masih dua setengah seri (125 angka).

Pada balapan (race) kedua, minggu (24/9) Rea malah hanya melahap satu lap. Kakinya menghantam motor Eugene Laverty yang terjatuh di lap 1. Hasil ini memberi peluang kepada rekan setimnya Tom Sykes merebut posisi runner up sama Davies.

Rea tercatat pembalap yang berhasil menyandang juara dunia tiga kali berturut-turut dan pertama dalam sejarah WSBK. Trus, dengan rekor 50 kemenangan, ia hanya kalah sembilan kemenangan atas pemegang rekor Carl Fogarty, satu-satunya pembalap yang memegang empat kali juara dunia tapi tidak berurutan.

Pencinta superbike di Inggris tentu bangga, namun mereka menginginkan Rea berlaga di balapan bergengsi, motogp. Rumor ini sempat merebak ketika Rossi mengalami kecelakaan yang mematahkan kakinya dan tidak bisa ikut di Misano. Tapi, bukan lantas Rea harus ke Yamaha.

Kembali ke race 2 menempuh 20 lap, tanpa Rea tentu memuluskan Davies meraih kemenangan. Sekaligus menebus kegagalan di race 1 yang sempat terjatuh dan finish ke-10. Dengan tambahan 25 angka, Davies mengantongi total 325 angka, sedang Sykes 335. Balapan masih menyisakan dua seri lagi. Rezki

BAGIKAN