nhk

Supermoto Bermesin Listrik, Tenaga Luar Biasa Bro!

E-Racer, Italia, Tacita, Giovanni, Supermoto

ManiakMotor : Sudah cukup lama produsen sepeda motor Italia tidak berbicara mesin nol emisi alias bertenaga listrik. Nah, kali ini datang prototipe berbentuk supermoto hasil kolaborasi majalah Italua Inmoto bersama Aero yang mereka namakan E-Racer. Tenaga listriknya didasarkan dari motor listrik Tactia.

E-Racer, Italia, Listrik, Giovanni, Supermoto
Sayang, wheelbase terlalu panjang. Mungkin diperhitungkan untuk mendaki

Tampilannya, lebih menginspirasi pada T-Race Rally. Terserahlah mau reli atau supermotor, yang pasti, mungkin tidak untuk tahun depan atau lima tahun mendatang. Jika prototipe ini diterjunkan di ajang reli. Repot isi ulang baterai, kecuali lomba super motor agak memungkinkan.

Pasalnya, jangkauan E-Race dalam beterai terisi penuh bisa mencapai 64 km. Sedang pengisiannya bervariasi dengan kapasitas tinggi. dimulai dari yang 30 menit, ada satu jam 30 menit dimulai dari titik 3kw dan 4 jam dengan soket standar.

E-Race, Italia, Supermoto, Listrik
Pelek 17 inci membuat tampilan kian kekar

Motor dengan bobot 160 kg, cukup berat untuk ukuran segitu, punya tenaga 75 sampai 80 HP. Tapi, untuk sepeda motor listrik tergolong ringan. Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan pelek 17 inci melalui 5 gigi percepatan.

Menurut Aldo De Giovanni selaku perancang, “Ide utama lehirnya E-Racer menggabungkan tampilan gaya masa lalu dan masa depan. Kebanyakan sepeda motor

E-Race, supermoto, listrik, Italia
Mesin listrik bertenaga besar, lampu LED, dan indikator yang sederhana tapi jelas dibaca

masa depan sering kehilangan daya tarik karena desainnya terlalu jauh dari harapan nyata.”

Pertanyaan, jika dipakai lomba, tentu sangat membahayakan lantaran tanpa suara. Ketika tampil di Milan, Italia, lalu, sudah ada pembicaraan kalau E-Racer akan diproduksi akhir tahun depan. Maliq.

BAGIKAN