nhk

Surya 12 Dragbike Gresik, Teknologi Timing System Amrik

 

ManiakMotor – Mesin dragbike  yang mantap, juara masih jauh. Masih ditentukan ketepatan start. Start yang bagus pun, harus beradaptasi dengan timing system (TS) digunakan penyelenggara. Mampu memprediksi lampu isyarat start, diiringi  gas dan melepas kopling betul, berdoa saja bisa naik podium.    

Ini bukan bicara doa. Tapi TS di Surya 12 Dragbike Championship 2012 (S12DC). Acara  berlangsung di sirkuit Jln. Noto Prayitno, Gresik, Jatim, putaran ke-2 S12DC ini,  pakai TS asli drag dari Amerika. Nama alatnya saja RaceAmerica. Jauh kali datangnya…

Pembalap  masih ada yang kagok pencatat waktu yang lebih canggih itu. Selama ini, TS milik Bambang Diro yang  lebih ’familiar’ bagi joki. ”Untuk wilayah Jatim, alat ini  termasuk baru. Mungkin pembalap perlu adaptasi,” kata Jeffry Joshua, mewakili petuas TS.

Dialami Rizki Unyil di bebek 4-Tak 130 cc. “Kena jump start sih nggak, tapi waktunya melorot jauh. Kaget dengan model lampunya. Tapi ini pengalaman berharga soal lampu start,” kata Rizky…

Nih step by step-nya. Lampu putih pertama itu Pre-Stage atau siap-siap. Silakan tengok bawah, atas, kiri dan kanan untuk melepas ketegangan. Saat itu, petugas TS memasukan data nomor start pembalap. Setelah putih kedua (stage), pembalap diminta memberi kode apabila siap. Jangan sesekali beri kode ok, padahal ingus dari balik helem masih menetes. Saat itu,  lampu iyarat TS sudah otomatis berjalan.

Antara stage ke hijau, masih ada 3 lampu kuning. Intervalnya 4 seken (0,4 detik), pada saat ini butuh kejelian dan kosentrasi menaikkan rpm. Coba-coba bergerak lebih awal, lampu merah menyala sesuai sensor kiri-kanan garis start. Merah artinya, jump start, cui! Disarankan posisi roda depan, berada  di antara dua garis putih.

Di finish ada speed gan (pencatat top speed) yang terkoneksi dengan sensor start dan finish. Hasilnya, berupa selembar kertas (slip) yang isinya catatan waktu dan top speed dicapai.Juga ada  reaction time, yaitu lamanya pembalap membuka gas hingga motor pertama kali bergerak. “Kalau kurang dari 0,4 detik, pasti jump start,” yakin Jeffry.

Keempat adalah angka yang menunjukan lamanya motor bergerak sejauh 60 feet atau sekitar 18 meter dalam satuan detik. “Catatan waktu yang diambil adalah elips time, yaitu waktu murni motor bergerak dari start(lampu hijau) hingga finish ditambah reaction time,” tutup Jeffry.

Pucing waaa.. Ardel

BERITA TERKAIT:
Hasil Lomba Surya 12 Dragbike Gresik, 16 Juni, 2012
Dragbike Senayan FFA, Chodox Pecahkan Rekor Jadi 6,971 Detik
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!
Yamaha All New Jupiter Z1, Dirancang Di Terowongan Angin
Drag Bike Magelang, Kecil Vs Batank
Surya 12 Dragbike Gresik, Tariiik…!
Drag Bike Jogja, Event Yang Punya Jenjang
Dragbike Pemalang, Idolanya Kelas Standar
Drag Bike BSD CITY, Dicabik M Chabix
Drag Bike Pati, Bicara Panjang Trek
Kisruh Regulasi Drag Bike Semarang
Drag Bike Semarang, Teknik Start 75%
Si Empuk Berbie Penakluk Drag
Drag Bike Solo, 673 Starter Kecewa, Helmy Senyum

 

 

  

 

 

 

BAGIKAN