nhk

Surya 12 Dragbike Malang , Kelas Idola

Monosok, rangka kotak, mesin DOHC (double overhaed chamshaft) dan tegak. Karena canggih, up-grade mesinnya sederhana. Berhasil beli motor ini, berarti peluang besar ikut maramaikan dragbike. Tidak perlu kebut-kebutan di jalanan umum. Ayo taruhan, eh, benaran…

Itu dia Suzuki FU yang ramai mendaftar setiap event dragbike. Termasuk seri-5 Kejurnas Surya 12 Dragbike Championship 2012 (S12DC) di Komplek Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, 15 Juli 2012. “Mendeteksinya dari bebek 4-tak standar FU 155 cc, starter di kelas itu penyumbang terbesar peserta. FU lokal saja 39 starter, FU open 36 starter belum kelas-kelas lain yang bisa diikuti motor ini,” sebut M. Taufik selaku pimpinan S12DC sambil menjelaskan di seri-seri sebelumnya pun sama.

Bukan trend, tetapi motor ini benar-benar fungsional dikebut pada lintasan yang tidak bengkok-bengkok. Ada empat kelas dan hanya dua tingkatan dana korekan yang diikuti FU. Yakni, Bebek 4T tune-up 155 cc, bebek 4T std FU 150 cc lokal, bebek 4T std FU 150 cc open, dan bebek 4T TU 200 cc. Bila hanya incar standar FU, cukup dana Rp 2 juta. Itu untuk beli pelek, ban dan setang kemudi ala dragbike yang tiarap habis. Wussss…

Kalkulasi itu diteruskan Rangga Aditya, bos tim Kolor Ijo. Pasukannya datang ke Malang tetap pakai celana yang pantas, bukan kolor ijo. Katanya, sisa biaya Rp 2 juta tadi masih bisa beli per kopling, spuyer dan gir. “Makanya ramai, murah meriah, dan sudah dapat lari kencang. Basis mesinnya ok. Makanya, kelas ini sering disebut standar showroom,” jelas Aditya ketika jongkok kelihatan kolornya yang putih.

Lokal dan open standar hanya diwajibkan korak-korek dan dilarang ganti racing. Kecuali kenalpot yang rata-rata harganya bisa dijangkau. “Dengan biaya seperti ini, FU seperti wajib dimilik tim,” kata Mislihun, ayah sekaligus manajer Hendra Kecil yang diangguki Heri Snex dari tim CMT Ripleys Speed, Malang.

S12DC punya hadiah mobil, tapi kelasnya yang paling ramai dan itu hanya panitia yang tahu. Mereka punya datanya. Kelas bebek 4-tak 155 cc tune-up yang bisa diikuti FU, juga masuk kategori dapat mobil. Katanya sih walau bebek lain dibore-up dan diberi kem canggih, tetap sulit menantang FU di kelas ini. Sebab, ruang bakarnya dilayani empat katup yang digerakkan dua kem (DOHC). Dari speksiksi itu saja, mantap.

Juga, mudah meyetel timing pengapiannya. “Krus-as kan pakai balancer dan mesin tegak, sehingga getararan mesin kecil. Di drag getar sangat ngaruh. Saya yakin di kelas ini hadiah berada,” harap Rangga yang anak didiknya penguasa kelas itu. “Masih ada satu seri, kemungkinan dimainkan di Jabar. Di sana matik banyak pesertanya,” tutup A. Judiarto bos Lighting Production, penyelenggara S12DC.

Pusing ah. Ardel

BERITA TERKAIT
Hasil Lomba Surya 12 Dragbike Malang, 15 Juli 2012
Surya 12 Dragbike Malang, Motor Ucil Terbakar
Dragbike Senayan FFA, Chodox Pecahkan Rekor Jadi 6,971 Detik
Surya 12 Dragbike Malang, Peserta ‘Bakar’ Kota Sejuk!
Surya 12 Dragbike Kediri, Hadiah Mobil, Bo…!
Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
Surya 12 Dragbike Kediri, Ilmu Betot Gas..!
Yamaha All New Jupiter Z1, Dirancang Di Terowongan Angin


 

 

 

 

BAGIKAN